Menteri Agama Ingin Pendakwah Moderat Lebih Aktif Bersuara

Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin (Foto: Kemenag.go.id)

INFONAWACITA.COM – Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin menginginkan kelompok moderat untuk aktif bersuara dalam menyampaikan pesan-pesan dan nilai-nilai agama. Ia menegaskan, jangan sampai dakwah moderat terkalahkan dengan dakwah-dakwah yang justru mengundang kekerasan.

“Saya ingin mengajak generasi muda betul-betul memahami ruhul dakwah atau jiwa dalam dakwah. Dakwah hakekatnya adalah kerja yang tidak berkesudahan, tanggung jawab yang dimiliki setiap muslim. Kita dituntut untuk menebarkan kebajikan, yakni mengajak bukan memaksa,” kata Menteri Lukman saat membuka membuka Halaqah Ulama ke -5 se-Jawa Tengah, Rabu (11/7/2018) seperti termuat dalam keterangan resmi.

Baca juga: Ketua PBNU: Dakwah Wali Songo Menggunakan Rasa dan Seni bukan Kekerasan

Ia tidak menampik jika selama ini golongan moderat cenderung diam dalam menyuarakan dakwah yang sesuai dengan nilai-nilai Islam.

“Ini sesuatu yang juga perlu dicermati betul, biasanya yang moderat cenderung diam,” ungkapnya.

Padahal kata Menteri Lukman, tidak dapat ditampik kini banyak pendakwah yang akhirnya terjebak dengan sikap-sikap intoleransi itu sendiri. Hal tersebutlah yang menurutnya harus mulai diperhatikan dan diperbiki.

Info terkait: Kepada Menteri Agama, Warganet: Mengapa Penggerak Islam Transnasional di Indonesia Merasa Terancam dengan Islam Nusantara?

“Ini saya garis bawahi, karena pada prakteknya, mungkin karena satu hal lalu kemudian terjebak pada proses dakwah yang memaksa dengan mentolerir cara kekerasan yang bertentangan dengan ruh dakwah itu sendiri yang harus dilakukan dengan cara yang persuasif, bilhikmah,” jelasnya. (DS/yi)

Baca juga: Presiden Jokowi Ajak Para Da’i Muda Cerdaskan Masyarakat dalam Berpolitik