Menpora Berharap Dunia Usaha Indonesia Jadi Sponsor Rio Haryanto

INFONAWACITA – Menpora Imam Nahrawi bersama Deputi Bidang Peningkatan Prestasi Olahraga Gatot S Dewa Broto, Staf Khusus Menpora Bidang Kerjasama dan Kemitraan Faisol Riza, Kepala Biro Humas dan Hukum Amar Ahmad, hari Selasa (14/06/16), menerima Managing Director Manor Abdullah Boulsien yang didampingi oleh Ibunda dari Rio Haryanto Indah Pennywati, di Ruang Rapat Menpora Lantai 10, Jakarta.

Abdullah menyampaikan bahwa ini adalah kesempatan yang baik untuk berkunjung kembali ke Indonesia. “Ini adalah pertemuan ketiga kalinya antara saya dengan Menpora, saya berharap hasil pertemuan ini akan lebih baik dari pertemuan sebelumnya, sejauh ini kami sangat senang dengan kemajuan yang ditunjukkan oleh Rio Haryanto dan tim, dan ini merupakan race yang sangat susah tapi kami berusaha untuk tampil lebih baik lagi,” ujar Abdullah.

Abdullah menyampaikan bahwa, kedatangannya ke Indonesia saat ini tidak hanya ingin bertemu dengan Menpora, tetapi juga akan bertemu dengan berbagai kementerian, karena Formula 1 tidak hanya semata-mata olahraga, tetapi ini juga adalah sebuah entertaiment activity dan pariwisata, bagaimana untuk mempromosikan Indonesia kemata dunia, bahwa Indonesia merupakan negara yang sangat menarik sehingga akan meningkatkan kunjungan wisatawan ke Indonesia.

Menpora sangat mengapresiasi sekali atas kesediaan Tim Manor Racing dalam memberikan kesempatan kepada Rio, dan pemerintah Indonesia masih terus berusaha untuk mencukupi kekurangan tersebut. “Kami saat ini masih tetap berkomitmen untuk terus meyakinkan kepada dunia usaha untuk menjadi sponsor, kami sudah mencoba mencari ruang melalui APBN, tetapi dari parlemen belum dapat memberikan kesempatan untuk saat ini, sedangkan sebelumnya Pertamina mengatakan bahwa apabila produknya bisa dimanfaat didalam F1, mungkin mereka bisa lebih berpartisipasi lagi,” ujar Menpora.

Saat ini Kemenpora masih terus mendorong dunia usaha untuk dapat memberikan bantuan sponsor terhadap Rio, namun beberapa pihak swasta masih dalam tahap mempelajari bentuk sponsorship yang akan diberikan, diharapkan dimusim berikutnya para pihak swasta ini dapat memberikan sponsornya.

“Mungkin ini karena penampilan pertama Rio, salah satu anak Indonesia dalam F1, masyarakat belum terlalu memahami seluk beluk tentang F1, dan banyak yang meletakkan pengharapan yang sangat tinggi terhadap Rio, namun banyak hal yang terjadi di lapangan, baik Rio, Pascal ataupun pembalap lainnya akan mengalaminya,” tambahnya.

Abdullah melihat banyaknya dukungan yang luar biasa di sosial media terhadap Rio Haryanto, tetapi banyak juga dari mereka yang kurang memahami bagaimana mengenai Formula 1 itu sendiri. “Saya terpikirkan juga untuk merintis kerjasama antar Inggris dengan Perguruan Tinggi Indonesia terutama dalam Mechanical Enginering dengan memberika kesempatan untuk magang di manor Tim racing, sehingga hal ini dapat memberikan edukasi,” ujar Abdullah.

Menpora sangat menyambut baik sekali dengan adanya rencana dari Tim Manor Racing dengan memberikan kesempatan kepada perguruan tinggi Indonesia untuk dapat pelajar dari Tim Manor. “Kami mengucapkan terima kasih atas semua hal, kami berharap pembahasan kita selanjutnya tidak hanya untuk musim tahun ini, tetapi juga untuk musim berikutnya,” tutup Imam. (Sumber Berita Kemenpora)