Menpar Promosikan Wisata Aceh Sampai Ke Timur Tengah

Masjid Raya Baiturrahman. foto: http://anekatempatwisata.com

INFONAWACITA.COM – Menteri Pariwisata Arif Yahya menyatakan, pariwisata provinsi paling ujung barat Indonesia sudah dipromosikan sampai ke Timur Tengah.

“Untuk meningkatkan kunjungan wisatawan ke provinsi paling ujung barat Sumatera pariwisata Aceh sudah dipromosikan sampai ke Timur Tengah,” kata Menpar Arif Yahya ketika memimpin rapat koordinasi kesiapan Sail Sabang di Lantai VI Aula Wali Kota Sabang, Rabu.

Arif mengakui, Presiden Joko Widodo menginginkan pengembangan industri pariwisata seantero Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dapat mensejahterakan masyarakat dari Sabang sampai Merauke.

“Bapak Presiden Jokowi mengingini pariwisata dapat mensejahterakan masyarakat,” kata Menpar.

Sektor pariwisata Indonesia diproyeksikan menjadi penghasil devisa terbesar pada 2019 dengan nilai mencapai 24 miliar dolar AS melampaui sektor migas dan minyak kelapa sawit (CPO).

Industri Pariwisata di Aceh

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Aceh Reza Fahli menyampaikan, belakangan ini Pemerintah Aceh terus gencar mempromosikan industri pariwisata di 23 kabupaten/kota se-Aceh.

“Kita rutin mempromosikan pariwisata Aceh di pamaren yang diselenggarakan di Jakarta bahkan sampai ke negeri jiran (Malaysia),” katanya ketika dimintai tanggapannya terkait promosi wisata Aceh.

Badan Pusat Statistik Aceh mencatat setelah warga Malaysia, China ada di urutan kedua, yaitu 371 orang, lalu Australia (191 orang), kemudian Perancis (184 jiwa), dan Filipina (183 orang).

Lalu Jerman dan Amerika Serikat tercatat masing-masing 179 orang, sedang Inggris (171 jiwa), Thailand (157 orang), Singapura (133 jiwa), dan lain sebagainya.