Menpar: Kerugian Dampak Gunung Agung Capai Rp 9 Triliun

Menpar Arief Yahya. (Foto: sultrakini.com)

INFONAWACITA.COM – Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya menyatakan, kerugian sektor pariwisata Indonesia akibat erupsi Gunung Agung, Bali mencapai Rp 9 triliun.

Peristiwa tersebut terjadi memasuki periode kunjungan wisatawan baik domestik maupun mancanenagara meningkat. “Kerugian mencapai Rp 250 miliar per hari atau kalau ditotal mencapai Rp 9 triliun,” ujar Menpar di Sabang, Aceh, Kamis (30/11), dikutip dari bisnis.com.

Sebelumnya, Menpar Yahya dalam siaran menghimbau industri pariwisata di Pulau Bali menerapkan diskon khusus sejalan dengan kenaikan aktivitas vulkanik Gunung Agung sejak Sabtu (25/11).

Pertama, industri harus memastikan semua penumpang yang terkena pembatalan penerbangan dan terpaksa check in kembali di hotel-hotel diberikan diskon khusus hingga 50%.

Kedua, maskapai berbujet rendah untuk tidak mengenakan flight cancellation charge atau rescheduling charge. Gabungan Industri Pariwisata Indonesia (GIPI) juga memprediksi jumlah kedatangan wisman sepanjang Oktober-Desember sebagai imbas dari fluktuasi keadaan Gunung Agung menurun dari sebelumnya ditargetkan sebanyak 3 juta orang.

Para pebisnis memperkirakan bakal terjadi aliran kunjungan wisatawan ke destinasi lain akibat dari kondisi Gunung Agung di Bali. Lokasi tersebut antara lain Manado, Lombok, dan Padang.(AR)