Menjelang PON 2020, Pengusaha Ekonomi Kreatif Papua Diminta Bersiap

Patung khas Papua (foto: kompas.com)

INFONAWACITA.COM – Gelaran pesta olahraga nasional, Pekan Olahraga Nasional (PON) tahun 2020 sedianya akan diadakan di Provinsi Papua. Berbagai persiapan mulai dilakukan mulai dari venue hingga suvenir-suvenir yang akan ikut memeriahkan PON XX.

Terkait persiapan suvenir ini diungkapkan oleh anggota Komisi II DPR Papua yang membidangi ekonomi, Mustakim. Ia mengingatkan agar para pelaku ekonomi kreatif di Papua sudah harus mulai mempersiapkan suvenir untuk PON XX, 2020 mendatang, ketika Papua menjadi tuan rumah.

“Orang dari luar yang datang ke Papua, tentu akan mencari oleh-oleh khas Papua. Kerajinan khas Papua misalnya noken, patung berciri khas Papua, dan beberapa lainnya, perlu dipersiapkan dari sekarang,” ujar Mustakim, seperti yang dilansir dari tabloidjubi.com Jumat (29/12).

Ia mengatakan, sektor ekonomi salah satu bidang yang berperan penting dalam pelaksanaan PON Papua mendatang.

Produk unggulan Papua, perlu ditampilkan ketika pelaksanaan PON, sebagai salah satu strategi memperkenalkan kepada masyarakat luar dan meningkatkan daya jual.

“Kami juga berharap, Dinas Pariwisata mempersiapkan lokasi wisata, karena pada pelaksanaan PON, akan ada puluhan ribu orang datang ke Papua baik sebagai atlet maupun wisatawan. Ini dapat dimanfaatkan untuk pendapatan asli daerah,” jelasnya.

Kebutuhan pokok perlu disiapkan

Wakil Ketua Komisi II DPR Papua, Deerd Tabuni mengatakan, organisasi perangkat daerah (OPD) yang berkaitan dengan ekonomi, juga perlu mulai mempersiapkan kebutuhan PON XX. Misalnya Dinas Peternakan menyiapkan produksi daging sapi, kambing, ayam, juga telur dan lainnya.

“Jangan sampai nanti kebutuhan itu tidak terpenuhi dan mendatangkan daging dari luar. Itu sangat rentan dan berisiko,” ujar Deerd. (RA/yi)