Mendikbud Ingin Wujudkan Sekolah Aman dan Sehat

sekolahaman.kemdikbud.go.id

INFONAWACITA – Pemerintah melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan meminta semua pihak terlibat untuk mewujudkan lingkungan sekolah yang aman dan sehat. Terutama mengawali hari pertama masuk sekolah.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Anies Baswedan bertekad menolak segala bentuk kekerasan dan mewujudkan saling menjaga sesama warga sekolah. Pembaruan semangat digunakan untuk menumbuhkan lingkungan sekolah dan suasana sekolah yang menantang sekaligus menyenangkan.

Kemampuan utuh setiap siswa harus ditumbuhkan tak hanya pada aspek akademik dan literasi dasar, namun juga pada nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya, serta aspek kepemimpinan, berpikir kritis, berkomunikasi efektif berkreasi dan kerjasama. Dengan penanaman kemampuan itu diharapkan anak-anak Indonesia mempunyai bekal yang relevan untuk menghadapi tantangan zaman.

Anies menambahkan, lingkungan dan suasana sekolah yang menyenangkan membutuhkan pelibatan orang tua dan segenap elemen masyarakat. Termasuk ketika banyak orang tua dan wali murid mengantar hari pertama sekolah anak-anaknya.

Karena itu, untuk mencegah terjadinya kekerasan di sekolah, semua pihak diminta untuk melaporkan segala bentuk perpeloncoan dan penyimpangan ketika penyelenggaraan Pengenalan Lingkungan Sekolah. Masyarakat bisa melapor ke nomor telepon 0811-976- 929 atau (021) 5790-3020 dan (021) 570-3303 atau e-mail laporkekerasan@kemendikbud.go.id atau ke laman pengaduan http://sekolahaman.kemendikbud.go.id. [TN]