Mendes PDTT Harapkan Petani Kopi Indonesia Penuhi Standar Internasional

(Foto : kemendesa.go.id)

INFONAWACITA.COM – Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Eko Putro Sandjojo mengapresiasi gerai starbucks yang menggunakan bahan baku kopi dari Indonesia. Oleh karena itu, dirinya mendukung penuh dalam promosi kopi-kopi Indonesia ke luar negeri.

“Saya menawarkan di masa depan kita bisa bekerja sama, desa-desa penghasil kopi dengan Starbucks supaya handling-nya, cara menanamnya, bisa sejalan dengan kualitas yang dimiliki starbucks sehingga mereka punya added value yang lebih baik lagi,” harap Menteri Eko saat menghadiri Peresmian Starbucks Dewata, Bali yaitu gerai Starbucks terbesar di Indonesia yang berlokasi di Badung, Bali, Sabtu (12/1/19).

Lanjutnya, kerja sama itu harus menciptakan kepentingan bersama hingga memunculkan keuntungan. Starbucks bisa bantu improve dan pemerintah memberi kemudahan sehingga investor tertarik untuk investasi di Indonesia.

“Dengan kerja sama ini, diharapkan petani kopi Indonesia terbantu promosinya. Kedua, bisa mengajarkan para petani bagaimana cara handling-nya lebih bagus karena mereka punya standar sehingga value added-nya bisa lebih bagus. Kita banyak kerja sama juga dengan swasta. Tahun ini ada 60 Triliun investment dari privat sektor desa-desa di Indonesia,” terangnya.

“Sekarang ada ribuan kafe-kafe di tengah sawah, yang penting ada tempat selfi tempat ngopi dan wifi gratis langsung posting di instagram,” tambahnya seperti dilansir dari kemendesa.go.id.

Ia juga berterimakasih karena starbucks dengan membuka gerainya membantu mengembangkan kopi Indonesia untuk dunia. Dan terbantu juga dengan kualiti kontrol dari starbucks.

“Ada starbucks expres yang kolaborasi sehingga masalah kita tentang channeling bisa terbantu. 14 tahun mendatang Indonesia akan makin familiar dengan starbucks yang memperkenalkan kopi-kopi dari Indonesia,” pungkasnya.