Mendagri Ingatkan PNS: Jangan Tergiur Janji-Janji Pilkada

Tjahjo Kumolo. (foto: Kemendagri)

INFONAWACITA.COM – Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo meminta semua Pegawai Negeri Sipil (PNS) tidak tergiur janji-janji politik dari pasangan calon tertentu yang mengimingi jabatan.

“Kepada seluruh PNS di seluruh jajaran, khususnya Kemendagri jangan tergiur dengan janji politik dari pasangan Pilkada untuk ditawari nanti kalau mendukung saya menang, dapat jabatan a, b, c dan d. Saya kira itu harus kita lawan, ” kata Tjahjo usai menghadiri acara deklarasi lawan politik uang dan politisasi SARA di Jakarta, Sabtu (10/2/2018).

Dirinya sendiri sebagai Mendagri tak bosan-bosan mengingatkan seluruh kepala daerah dan PNS untuk memahami area rawan korupsi dalam tugas sehari-hari. Dan, dalam konteks Pilkada bersama dengan Bawaslu, pemerintah tentunya berupa keras menjaga netralitas PNS.

“Termasuk jangan kampanye menggunakan aset negara atau aset daerah, itu yang penting,” ujarnya.

Arahan jelas Presiden Jokowi

Arahan Presiden Jokowi pun, lanjut  Tjahjo, sangat jelas, Pilkada itu adalah instrumen untuk memilih pemimpin yang amanah. Karena itu, harus dilawan cara-cara curang untuk jadi pemimpin, misalnya politik uang.

“Mari adu konsep, adu gagasan, adu program. Mari kita hindari kampanye yang berujar kebencian, SARA maupun yang berbau fitnah,” kata Tjahjo.

Tjahjo juga sempat ditanya para wartawan tentang pelaporan dirinya ke Ombudsman gara-gara masalah usulan Penjabat Gubernur dari perwira Polri. Menanggapi itu, Tjahjo menjawab santai. Ia mempersilakan jika memang ada yang melaporkan dirinya. Setiap warga negara punya hak melaporkan siapa saja.

“Silakan saja itu hak semua orang untuk melaporkan dan apa yang Kemendagri lakukan sesuai dengan aturan. Kami yakin itu aturan yang tidak melanggar UU,” katanya, dilansir dari laman Kemendagri, Minggu (11/2/2018).