Mendag: Stok Kebutuhan Pokok untuk Natal & Tahun Baru Aman

Ilustrasi (Foto: dokumen)

INFONAWACITA.COM – Pemerintah melalui Menteri Perdagangan (Mendag) Enggartiasto Lukita menjamin stok kebutuhan pokok menjelang Natal dan Tahun Baru aman.

Sejumlah komoditas seperti beras, daging, minyak goreng, gula, dan lain-lain, mulai didistribusikan ke seluruh Indonesia. Selain, sejumlah pihak-pihak yang terkait dengan kebutuhan bahan pokok juga telah dikumpulkan untuk ikut memantau stok.

“Semua tersedia. Tidak ada kekhawatiran,” ungkap Mendag, di Tangerang, Sabtu (18/11), seperti dilansir dari kontan.co.id.

Sementara itu khusus untuk beras, Mendag menyatakan sejak awal November sudah melakukan operasi pasar (OP). Hal ini akan terus dilakukan Kemdag selama 2,5 bulan untuk menjaga stok beras medium.

Sanksi tegas pun akan diberlakukan bila ada oknum melakukan permainan pasar atau pun menimbun stok. Enggar mantap menyatakan bahwa stok beras melebihi standar. Bila standar stok beras di Pasar Induk Jatinegara sebanyak 30.000 ton, Enggar bilang saat ini stok di pasar induk ini mencapai 45.000 ton.

Begitupun dengan daging, untuk menjaga harga dan stok daging, Enggar mengatakan Kemdag akan mengelontorkan 10.000 ton daging dari India di pasar Indonesia pada momen Natal dan Tahun Baru.(AR)