Mendag Pimpin Misi Dagang ke Jepang, Perluas Akses Produk Indonesia

foto: visioner.id

INFONAWACITA.COM – Kementerian Perdagangan (Kemendag) terus berupaya untuk memperluas akses bagi produk-produk Indonesia salah satunya dengan cara menyambangi negara sasaran. Misi dagang ini langsung dikomandoi oleh Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita.

“Dengan misi dagang ini, diharapkan Jepang dapat meningkatkan komitmennya untuk memberikan akses lebih luas bagi produk-produk Indonesia terutama produk makanan,  pertanian dan perikanan serta jasa tenaga kerja terampil,” ujarnya seperti yang diinformasikan melalui siaran pers Kemendag, Minggu (26/11).

Enggar juga mengatakan bahwa misi dagang ini membuka peluang kerja sama untuk mendorong produk Indonesia masuk ke pasar Jepang melalui sistem distribusi ritel yang ada di Jepang.

Misi dagang kali ini diikuti oleh 21 perusahaan yang terdiri dari berbagai sektor usaha, antara lain makanan olahan, produk herbal, tekstil, produk kreatif, kertas, minyak, produk manufaktur dan energi terbarukan.

“Melalui misi ini semoga pelaku usaha Indonesia dapat meningkatkan ekspor berbagai komoditas, baik yang selama ini telah masuk ke Jepang maupun yang belum,” kata Enggar.

Ekspor tahun lalu

Sementara itu tahun lalu, produk ekspor utama Indonesia ke Jepang antara lain batu bara, biji tembaga, nikel, kayu lapis, produk kertas, minyak sawit, kopi, alas kaki, pakaian dan kendaraan bermotor.

Misi dagang tahun ini menjadi tindaklanjut dari pertemuan Menteri Perdagangan dengan Delegasi JETRO pada 10 Agustus 2017 lalu. Pada pertemuan tersebut keduanya sepakat untuk meningkatkan kerja sama antara kedua negara di bidang ekonomi dan perdagangan. (RA/yi)