May Day Tidak Sebatas Demontrasi, Yuk Lihat Lima Aksi Buruh Dalam Perjuangkan Nasibnya

INFONAWACITA.COM – Selasa (1/5/2018) diperingati sebagai Hari Buruh Sedunia, para buruh di dunia sepakat memperjuangkan nasib buruh.

Ibu Kota Negara sendiri tidak luput dari aksi demonstrasi para buruh, ruas jalan protokol dipenuhi para buruh yang siap menyuarakan aspirasi mereka.

Tapi Ternyata aksi buruh ini tidak hanya demonstrasi, infonawacita berhasil merangkum lima aksi unik Hari Buruh.

Menyanyi Bersama

Peringatan “Mayday” atau Hari Buruh Internasional di Kota Medan dimeriahkan dengan hiburan yang dipusatkan di Gelanggang Remaja di Jalan Sutomo Ujung Medan, Sumatera Utara.

Setelah penyampaian orasi, kegiatan tersebut diisi dengan nyanyi bersama yang dihadiri Wali Kota Medan Dzulmi Eldin, Kapolrestabes Medan Kombes Pol Dadang Hartanto, Dandim 0201 Kolonel Inf Bambang Herqutanto, dan Kapolres Belawan AKBP Ikhwan Lubis.

Seluruh buruh yang hadir dalam kegiatan tersebut juga menerima paket sembako yang terdiri dari beras, gula, minyak, san mie instan.

Ketua Panitia Hari Buruh Kota Medan Antoni Pasaribu mengatakan, selama ini peringatan Hari Buruh selalu diwujudkan dengan unjuk rasa dan konvoi di jalan raya.

Namun, setelah melakukan dialog dan pendekatan, pemangku kepentingan di bidang ketenagakerjaan dan pemda dinilai sudah dapat memahami aspirasi buruh.

Ilustrasi Panggung hiburan. foto: poskotanews.com
Kirab

Ratusan buruh di Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah, Selasa, menyambut Hari Buruh Sedunia dengan cara unik, yakni melakukan kirab keliling kota Temanggung dengan mengusung puluhan tumpeng.

Kirab yang dilepas oleh Penjabat Bupati Temanggung Sudaryanto di halaman Pendopo Pengayoman tersebut diawali dengan grup musik kulintang gabungan dari Satlinmas, TNI, dan Polri.

Kemudian disusul rombongan pembawa 35 tumpeng, yang masing-masing tumpeng dipikul oleh empat orang yang terdiri atas perwakilan buruh, TNI, dan Polri.

Usai dikirab keliling menyusuri jalan protokol kota Temanggung, tumpeng tersebut dimakan bersama-sama oleh para buruh, tamu undangan, dan termasuk Forum Komunikasi Perangkat Daerah (FKPD) Kabupaten Temanggung di Pendopo Pengayoman.

Kapolres Temanggung AKBP Wiyono Eko Prasetyo mengatakan FKPD Kabupaten Temanggung memang memfasilitasi kegiatan ini supaya aspirasi dari para buruh di Kabupaten Temanggung khususnya untuk merayakan Hari Buruh Sedunia terlaksana dengan baik, karena Temanggung masih punya hajat yang lebih besar lagi yaitu pilkada, baik Pilkada Jateng maupun Pilkada Temanggung.

Iustrasi Kirab Budaya. foto: harian Bernas
Lomba Mewarnai Anak

Peringatan Hari Buruh Sedunia di Jambi salah satunya diikuti oleh 50 anak-anak dari buruh dan pekerja di Provinsi Jambi mengikuti lomba mewarnai dan menyusun puzzle yang diselenggarakan untuk meriahkan rangkaian peringatan Hari Buruh 1 Mei (May Day).

Lomba mewarnai dan menyusun puzzle yang diinisiasi Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan Cabang Jambi itu digelar di halaman RRI Jambi, dengan menggandeng sejumlah serikat pekerja di daerah itu.

Sebagian besar buruh di daerah itu yang mengikuti aksi bakti sosial, membawa anak-anak mereka yang masih duduk di bangku taman kanan-kanak untuk menemani mereka memperingati Hari Buruh.

Selain untuk mengisi rangkaian Hari Buruh, lomba mewarnai gambar dan menyusun puzzle bagi anak-anak buruh yang hadir di lokasi itu juga untuk memberikan sarana edukasi tentang manfaat jaminan sosial ketenagakerjaan.

Ilustrasi lomba mewarnai. foto: infobekasi.co
Donor Darah dan Penanaman Mangrove

Memperingati Hari Buruh Internasional tidak hanya dilakukan dengan aksi demonstrasi. Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (KSPSI) punya cara unik merayakan hari tersebut.

Salah satu pengurus KSPSI Sulsel Syafaruddin Boy mengatakan, selain melakukan aksi damai di beberapa titik di Makassar, pihaknya juga akan menggelar donor darah di pelabuhan peti kemas Makassar hari ini, Selasa (1/5/2018).

“Selesai aksi kami bergeser ke pelabuhan peti kemas untuk baksos,” kata Syafaruddin seperti dikutip melalui lama sulselsatu.com

Sebelumnya, Pemerintah Kota Makassar dan masing-masing perwakilan buruh sepakat untuk melakukan aksi-aksi sosial dalam memperingati hari buruh.

“Kita juga ajak serikat pekerja ikut berpartisipasi menanam mangrove di pelabuhan Untia awal Mei nanti,” kata Pelaksana tugas Wali Kota Makassar Syamsu Rizal beberapa waktu yang lalu.

ilustrasi aksi donor darah. foto: infopublik.id
Mancing Bersama

Sementara itu, May Day tingkat Kota Cimahi akan diisi dengan kegiatan Mancing Bersama yang dilaksanakan di Alam Wisata Cimahi Jalan Kolonel Masturi Kel. Cipageran Kec. Cimahi Utara. Kegiatan bakal berlangsung hari ini 1 Mei 2018.

Kepala Bidang (Kabid) Hubungan Industrial dan Jamsostek Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Cimahi, Asep Herman mengatakan, berdasarkan hasil rapat yang dilakukan Lembaga Kerja Sama (LKS) Tripartit beberapa waktu lalu, kegiatan seremonial peringatan Hari Buruh Sedunia tingkat Kota Cimahi tahun 2018 sudah disepakati.

“Dalam rapat tersebut seluruh keanggotaan LKS Tripartit sepakat membentuk kepanitiaan peringatan Hari Buruh Sedunia tingkat Kota Cimahi tahun 2018,” kata Asep seperti dikutip melalui laman pikiran-rakyat.com

Program yang akan dilaksanakan dalam puncak peringatan Hari Buruh Sedunia tingkat Kota Cimahi tahun 2018 diantaranya mancing bersama dan disiapkan pula doorprize menarik dan hiburan.

“Kali ini kita peringati hari buruh sedunia dengan kegiatan mancing bersama karena tahun ini tahun politik, jadi kegiatannya untuk mempererat tali silaturahmi antara Serikat Pekerja (SP), Apindo, dan pemerintah,” ungkap Asep. (HG)

ilustrasi lomba mancing. foto: spotmancing.com