Marak Tindak Kekerasan oleh ‘Orang Gila’, Ini Sikap Dokter Spesialis Kejiwaan

Ilustrasi penanganan ODGJ oleh Psikiater (Foto: Kompas.com)

INFONAWACITA.COM – Pengurus Pusat Perhimpunan Dokter Spesialis Kedokteran Jiwa Indonesia (PP PDSKJI) menyatakan sikap terkait maraknya kasus kekerasaan yang dialami tokoh agama dan perusakan tempat ibadah yang diduga dilakukan oleh Orang Dengan Gangguna Jiwa (ODGJ) beberapa waktu belakangan ini.

“Kami mengimbau kepada pihak terkait untuk berkoordinasi dengan tenaga medis di pelayanan kesehatan terdekat, jika menemukan individu yang diduga ODGJ melakukan kekerasaan atau perusakan,” tulis PP PDSKJI dalam siaran tertulis yang diterima Infonawacita.com, pada Jumat (23/2/2018).

Kemudian, PP PDSKJI juga meminta kepada seluruh tenaga medis untuk tidak memberikan rekam medis dan identitas pasien ODGJ kecuali untuk kepentingan hukum.

Definisi ODGJ

ODGJ juga perlu mendapat perlindungan dan jaminan kesehatan jiwa. Mengacu pada UU No.18 Tahun 2014 tentang Kesehatan Jiwa definisi dari ODGJ merupakan orang yang mengalami gangguan dalam pikiran, perilaku, dan perasaaan.

Gangguan tersebut terlihat dari sekumpulan perubahan perilaku serta menimbulkan penderitaan dan hambatan dalam menjalankan fungsi sebagai manusia.

“Kami juga meminta kepada psikiater untuk tetap bekerja sesuai regulasi aturan yang ada serta standar dan etika profesi,” tulisnya. (RA/yi)