Malam Pergantian Tahun, Jalur Puncak Diberlakukan Car Free Night

Jalur puncak (foto: ntmcpolri)

INFONAWACITA.COM – Malam pergantian tahun tepat pada Minggu, (31/12) malam mendatang mulai pukul 18.00 WIB hingga 06.00 WIB Senin, (1/1) jalur Puncak, Bogor akan diberlakukan ‘Car Free Night’. Dengan begitu, mobil dan sepeda motor dilarang melintas di kedua jalur Puncak.

Diberlakukannya malam bebas kendaraan itu berdasarkan instruksi dari Kapolri Jenderal Tito Karnavian. Dia meminta kepada jajaran Korps Lalu Lintas untuk menutup jalan Puncak.

“Masyarakat yang akan melintas diharapkan sebelum jam diberlakukan Car Free Night,” ujar Tito seperti dilansir dari Kompas.com Jumat (29/12).

Tito menambahkan bahwa masyarakat diwajibkan berjalan kaki selama Car Free Night tersebut berlangsung. Sebagai gantinya, sudah disiapkan bus untuk mobilisasi dari satu tempat ke tempat lainnya.

“Nanti hanya akan ada kendaraan shuttle saja disiapkan (untuk naik ke atas). Yang lain jalan kaki, nanti jangan sampai rekan-rekan terjebak,” jelas Tito.

Pilih jalur alternatif

Tito mengatakan masyarakat yang akan menuju arah Cianjur atau sebaliknya masih bisa melintas, tetapi hanya diperbolehkan melewati jalur alternatif. Misal, menggunakan jalan dari Cibubur-Cileungsi-Jonggol-Cariu-Cianjur.

“Dengan lewat jalur alternatif itu, jaraknya kurang lebih mencapai 86 km. Kalau sudah jam 18.00 WIB, sebaiknya jangan memaksakan untuk naik atau turun di jalur Puncak,” ujarnya. (RA/yi)