LRT Akan Segera Beroperasi, Menhub Harapkan Hal Ini kepada Masyarakat Palembang

Rangkaian LRT Palembang. (foto: skypercity.com/Abman Maman)

INFONAWACITA.COM – Light Rail Transit (LRT) diharapkan dapat menjadi gaya hidup baru bagi masyarakat Kota Palembang. Hal tersebut disampaikan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi saat menjadi narasumber dalam acara Dialog Kebangsaan yang berlangsung di Universitas Sriwijaya, Palembang, Sabtu (26/5/2018).

“LRT adalah suatu investasi transportasi yang luar biasa yang juga merupakan angkutan massal. Untuk itu saya harap LRT dapat menjadi gaya hidup baru bagi masyarakat dalam bertransportasi,” harap Menhub Budi, dilansir dari laman resmi Kemenhub.

Ia mengungkapkan, Kemenhub akan terus menyosialisasikan LRT pada seluruh elemen. Hal ini bertujuan agar masyarakat dapat memahami seluruh manfaat dari LRT.

“Kita membuat LRT menjadi kebanggaan baru bagi Sumatera Selatan khususnya kota Palembang,” tambahnya.

Siap Mendukung Asian Games
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi bersama Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati dan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengunjungi proyek Light Rail Transit (LRT) di Palembang pada Mei 2017 silam. (Foto: dephub.go.id).
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi bersama Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati dan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengunjungi proyek Light Rail Transit (LRT) di Palembang pada Mei 2017 silam. (Foto: dephub.go.id).

Info terkait: Keren! LRT Palembang Sudah Jalani Uji Coba

Pada kesempatan yang sama, Menhub menjelaskan LRT di Kota Palembang akan beroperasi dalam waktu dekat ini. Keberadaannya telah siap mendukung pelaksanaan Asian Games 2018 nanti.

“LRT di kota Palembang ini akan kami siapkan dalam waktu akhir-akhir ini dan mulai beroperasi 3-4 minggu sebelum Asian Games berlangsung. Saat ini sedang dilakukan tes dinamis dan menurut laporan sudah bisa dengan kecepatan 35 km/jam,” jelasnya.

Ia juga menyatakan Asian Games adalah salah satu sasaran harapannya, namun setelah perhelatan Asian Games akan digunakan untuk angkutan massal masyarakat Palembang.

Konstruksi Telah Selesai

Info terkait: Kerja Nyata! Lima Stasiun LRT Palembang Siap Beroperasi Saat Asian Games

Menhub mengatakan saat ini konstruksi LRT Palembang sudah selesai semua dan dalam waktu dekat akan datang lagi 6 rangkaian kereta untuk melengkapi seluruh rangkaian.

“Konstruksi sudah selesai semua termasuk rel, sekarang sedang dilakukan pengujian dengan kereta yang riil. Untuk 6 rangkaian kereta lagi akan datang dalam waktu 2-3 minggu ini untuk melengkapi 2 rangkaian kereta yang sudah tiba,” tutup Menhub Budi.