LIPI Nilai Pembangunan Infrastruktur Jadi Pendorong Geliat Ekonomi 2018

Ilustrasi (Foto: Antara)

INFONAWACITA.COM – Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) menilai proyek pembangunan infrastruktur bisa mendorong pemerataan akses dan meningkatkan kegiatan ekonomi Indonesia pada tahun 2018.

Kepala Pusat Penelitian Ekonomi LIPI, Agus Eko Nugroho, akhir pekan kemarin mengungkapkan, pembangunan infrastruktur yang sebagian besar akan rampung menjadi angin segar bagi geliat perekonomian di tahun depan.

Agus memperkirakan, kondisi ekonomi tahun depan akan membaik karena didukung situasi ekonomi makro 2017 yang terkendali, meski terdapat tekanan berupa defisit anggaran serta proyeksi pertumbunan ekonomi di bawah ekspektasi.

“Kondisi ekonomi secara makro masih mantap terkendali, walaupun kondisi ekonomi dalam tekanan defisit fiskal dan tingkat pertumbuhan ekonomi Indonesia masih di bawah harapan,” kata Agus, dikutip dari Antara.

Sementara itu peneliti Pusat Penelitian Ekonomi LIPI Maxensius Tri Sambodo menambahkan, kondisi eksternal juga memberikan optimisme atas posisi tawar Indonesia yang semakin baik di 2018, seperti posisi daya saing, kemudahan berbisnis, peringkat negara tujuan investasi, dan peringkat utang.

Kendati demikian, kondisi kebijakan ekonomi negara maju yang mulai meningkatkan suku bunga, serta ‘kegaduhan’ dalam hubungan internasional belakangan ini juga patut diperhitungkan.(AR/ANT)