Lima Tersangka Makar Rencanakan Aksi di Lima Kota Besar

Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Raden Prabowo Argo Yuwono. (Foto: IN/GR)
Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Raden Prabowo Argo Yuwono. (Foto: IN/GR)

INFONAWACITA.COM – Polisi menyatakan, lima tersangka kasus dugaan makar merencanakan akan melakukan aksi unjuk rasa di lima kota besar di Indonesia.

Hal ini diungkapkan Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya Komisaris Besar Polisi Argo Yuwono, di Jakarta, Selasa (4/4). “Kegiatan yang mereka rencanakan tidak hanya di Jakarta. Jadi harus serentak di lima kota,” ungkap Argo.

Dia menambahkan, para tersangka akan menggelar aksi besar di lima kota yaitu Makassar, Surabaya, Yogyakarta, Bandung dan Jakarta. Lebih rinci Argo menjelaskan, tersangka Sekjen FUI Muhammad Al Khaththath, Zainudin Arsyad, Irwansrah, Veddrik Nugraha alias Dikho dan Marad Fachri Said alias Andre mengadakan dua kali pertemuan di Kalibata Jakarta Selatan dan Menteng Jakarta Pusat. Berdasarkan pra rekonstruksi terungkap ada pertemuan membahas tentang pemufakatan jahat terhadap pemerintahan sah dengan menduduki Gedung DPR/MPR RI pada 19 April 2017.

“Mereka mengagendakan demo lebih besar mulai 19 April 2017 hingga menjelang Ramadan yang digelar secara serentak pada lima kota,” terang Argo.

Selain menggelar prarekonstruksi, penyidik telah mengembangkan penyelidikan dengan memeriksa saksi, saksi ahli pidana, ahli bahasa dan ahli politik. Argo juga menjelaskan informasi dana Rp 3 miliar yang dibutuhkan untuk menggelar rangkaian aksi besar tersebut, menjadi materi pembahasan pada pertemuan tersebut.

“Agar tidak salah dan ada kesimpangsiuran, ada pointer menyediakan rapat, uang, akan ada menduduki DPR jadi ini masih dalam perencanaan di situ,” terang Argo.(AR)