Libur Tahun Baru, Pengguna Tol Sumo Naik 40 Persen

Jalan Tol Surabaya-Mojokerto. foto: http://www.skyscrapercity.com

INFONAWACITA.COM – Peningkatan arus lalu lintas di Tol Surabaya-Mojokerto (Sumo) pada libur Tahun Baru 2018 mencapai 40 persen, dari rata-rata sekitar 9 ribu kendaraan yang keluar dan masuk di tol Jombang, atau Bandar setiap harinya.

Deputi Kepala Departemen Manager Pendapatan Tol Jombang-Mojokerto, A Rifan Samani di Surabaya, Rabu (3/1), mengakui selama libur Tahun Baru 2018 ada peningkatan rata-rata 40 persen.

Rifan mengatakan, sejak terkoneksinya jalan Tol Sumo mempunyai dampak yang cukup luar biasa, ditambah liburan akhir tahun.

Meski diakui, pada awalnya masih belum diminati atau masih sepi peminat, namun perlahan-lahan telah mampu membantu arus lalu lintas di wilayah setempat.

Rifan menyebutkan, Dari banyaknya kendaraan yang memanfaatkan tol Surabaya-Jombang (Bandar), 91 persen adalah kendaraan golongan I (satu), karena masih dalam momen liburan.

“Yang golongan lain kan pada libur Tahun Baru 2018 masih dilarang melintas karena khawatir terjadi kemacetan,” tambahnya.

Rifan mengatakan, dengan banyaknya arus lalu lintas kendaraan yang masuk tol membuat kemacetan terjadi di pintu keluar Bandar yang menuju arah Mengkreng.

Langganan Macet

Sebelumnya, jalur Mengkreng juga selalu menjadi langganan macet karena di sana banyak kendaraan yang parkir untuk membeli oleh-oleh, ditambah adanya rel kereta api.

Sementara itu, Tol Sumo sebelumnya diresmikan Presiden Joko Widodo untuk seksi IB, II dan III ruas Sepanjang-Krian.

Presiden berharap dengan diresmikan tol ini bisa mendorong penyelesaian tol lain pada akhir 2019. (ANT/HG)