Lelang Wilayah Kerja Migas Tunggu PP Gross Split Disahkan

Ilustrasi Blok Mahakam. (Foto: esdm.go.id).

INFONAWACITA.COM – Pemerintah menunda lelang tahap pertama Wilayah Kerja (WK) Minyak dan Gas Bumi hingga 31 Desember 2017. Penundaan ini lantaran menunggu Peraturan Pemerintah tentang aturan perpajakan Gross Split yang saat ini tengah disusun pemerintah.

Sebelumnya ada 15 WK yang harusnya akan dilelang pada 27 November 2017 ini. Namun, lelang 15 WK tahap I baik konvensional dan non konvensional itu pun harus dilakukan pengunduran waktu.

Hal ini dijelaskan Dirjen Minyak dan Gas Bumi (Migas) Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ego Syahrial dalam konferensi pers yang dilaksanakan di Gedung Kementerian ESDM pada Selasa (21/11).

“Kita punya batas waktu baik penawaran langsung dan lelang reguler yang batasnya 27 November 2017 diperpanjang sampai akhir tahun,” kata Ego.

Ego menjelaskan jika sebenarnya PP tersebut sudah selesai digodok oleh Kementerian ESDM dan Kementerian Keuangan. Namun, PP tersebut pun tinggal menunggu persetujuan dari Presiden Joko Widodo untuk disahkan.

Diputuskannya perpanjangan waktu lelang WK tahap I ini, secara garis besar karena para kontraktor menunggu kepastian Peraturan Pemerintah terkait pajak untuk skema bagi hasil gross split.

“Jadi kita undur sampai 31 Desember karena mereka butuh hitam di atas putih mengenai perpajakan gross split ini,” imbuh Ego.

Pengusaha Migas pun mengapresiasi skema Gross Split yang kali ini dirancang pemerintah. Menurut Sekretaris World of Director IPA Ronald Gunawan dalam perancangan skema Gross Split kali ini pemerintah sangat aktif mengajak diskusi dalam skema ini. Mereka berharap dengan dilibatkannya para pengusaba Migas maka skema Gross Split kali ini akan menjadi lebih baik dan diterima semua pihak.

“Kami harapkan impelementasinya bisa diperjelas dan lebih praktis pada industri agar ketika diaplikasikan lebih jelas dan transparan untuk semua pihak, ini awal yang baik,” kata Ronald.

Selain itu, diperpanjangnya lelang tahap I ini berdampak pada mundurnya jadwal lelang WK tahap II 2017. Semula direncanakan pada November 2017.

“Lelang WK migas tahap II 2017, tunggu ini (WK tahap I selesai). Otomatis bergeser menunggu PP gross split selesai. Perkiraan kami kalau selesai 31 Desember, lelang tahap II di lakukan pertengahan Januari 2018 sampai akhir Januari,” tandasnya. (DS/yi)