Lagu anak-anak diharapkan populer oleh Orangtua

INFONAWACITA – Sejumlah orangtua di Padang, Sumatera Barat mengharapkan agar lagu anak-anak kembali populer di tengah masyarakat dan banyak ditayangkan di televisi.

“Sudah saatnya lagu anak sejenis ‘Lumba-lumba’, ‘Cit-cit cuit’ atau ‘Cilukba’ muncul kembali dan ditonton anak-anak masa kini,” kata penggiat anak Kota Padang Nurni Rasyid, di Padang, Sabtu.

Menurutnya lagu anak saat ini jarang sekali muncul baik di radio maupun televisi.

Sekalipun ada, katanya, lagu tersebut hadir pada acara khusus anak yang durasinya hanya 30 menit.

Bila dibandingkan dulu kata Nurni, hampir semua stasiun televisi menyiarkan lagu anak baik pada acara musiknya atau saat jeda iklan.

Selain itu di radio juga banyak diputar lagu-lagu artis semisal Joshua, Maissy dan Sherina.

Bahkan katanya proporsi lagu anak tersebut dengan musik dewasa durasinya memiliki kesamaan.

Ditambah lagi penikmat lagu tersebut bukan hanya kalangan anak saja namun dewasa juga.

“Dahulu setiap berkunjung ke Taman kanak-kanak yang terdengar lantunan lagu Ambilkan bulan bu atau Jumpa lagi tapi sekarang yang terdengar lagu Cita Citata atau Ayu Tingting,” katanya.

Hal ini katanya membuktikan bahwa saat ini lagu anak di Indonesia telah terdegradasi.

Untuk itu dia berharap pemerintah bersama seniman musik lainnya kembali menyosialisasikan kembali lagu anak di tengah masyarakat.

Salah satunya memunculkan kembali pencipta lagu anak yang hebat seperti Papa T Bob, Sisco Barata atau AT Mahmud, ucapnya.

Senada dengan itu salah satu orang tua anak Masnaini menilai untuk mengembalikan lagu anak menjadi populer perlu kerja keras.

Terutama katanya bagi pencipta lagu tersebut harus bisa membuat lagu anak yang gaungnya mampu menaklukan lagu dangdut atau pop.

“Jika hal ini gagal maka lagu anak sulit berkembang kembali menjadi populer,” ucapnya.

Sementara itu salah seorang personel grup musik Indonesia Be3 Riafinola Ifani Sari atau lebih akrab dengan Nola mengatakan bahwa sudah seharusnya anak mendengar lagu dengan tema seusianya.

Meskipun begitu lagu tersebut haruslah mendidik seperti zaman dahulu seperti “Anak Sehat”, atau “Katanya” Trio Kwek-Kwek.