Lagi, Pemerintahan Jokowi Berikan Ribuan Jargas Bagi Rakyat Balikpapan

INFONAWACITA.COM – Pemerintahan Presiden Joko Widodo kembali memberikan jaringan gas bumi (jargas) bagi rumah tangga di Kota Balikpapan, Provinsi Kalimantan Timur.

Bertempat di Kelurahan Gunung Sari Ulu, Kota Balikpapan, peresmian pengoperasian jargas bagi 5.000 sambungan rumah tangga (SR) ini diresmikan oleh Kepala Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas), Dwi Soetjipto, Rabu (27/3/2019). Sebelumnya, pada tahun 2016, sebanyak 3.849 SR telah terpasang di rumah warga.

Pada tahap kedua, jargas di Kota Balikpapan tersebar di Kelurahan Sumber Rejo, Karang Jati, Karang Rejo, dan Gunung Sari Ulu. Penambahan sambungan jargas di Kota Balikpapan ini tidak terlepas dari kooperatifnya pelanggan dalam memanfaatkan jargas yang ada selama ini.

Selain untuk mengurangi subsidi LPG dan mengoptimalkan pemanfaatan gas alam nasional, Pemerintah berharap program jaringan gas kota punya dampak signifikan untuk meringankan beban masyarakat. “Pada umumnya pemanfaatan jargas ini akan memberikan penghematan dibandingkan jika sebelumnya memanfaatkan LPG”, jelas Dwi Soetjipto seperti termuat dalam keterangan resmi.

Dalam kesempatan itu Dwi Soetjipto juga mengatakan pemanfaatan gas bumi melalui pembangunan Jargas untuk rumah tangga merupakan program berkelanjutan Kementerian ESDM sebagai bentuk konsistensi pemerintah dalam menyediakan energi berkeadilan.

“Pemanfataan gas akan dioptimalkan untuk memenuhi kebutuhan sehari hari masyarakat dan diutamakan untuk kebutuhan domestik,” imbuhnya pada kesempatan tersebut.