Kunjungi NTT, Presiden Jokowi Akan Menginap di Pulau Rote

Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo. (Foto: Antara)
Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo. (Foto: Antara)

INFONAWACITA.COM – Presiden Joko Widodo hari ini, Senin (8/1/2018) akan melakukan kunjungan kerja selama dua hari di Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT). Presiden dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo akan berkunjung dan bermalam di Pulau Rote, pulau paling selatan di wilayah Indonesia.

Seperti dikutip dari pernyataan resmi Sekretariat Presiden yang diterima Infonawacita.com, Senin pagi, Presiden dan Ibu Negara akan bertolak menuju Kupang, NTT dari Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma di Jakarta pada pukul 6.42 WIB dengan menggunakan Pesawat Kepresidenan Indonesia-1.

Agenda kunjungan kerja

Setibanya di Kupang, Presiden akan membagikan Kartu Indonesia Pintar, memberikan kuliah umum di Universitas Muhammadiyah Kupang dan menyerahkan sertifikat tanah untuk rakyat.

Pada sore harinya, Presiden dan Ibu Iriana kemudian akan bertolak menuju Kabupaten Rote dengan menggunakan Pesawat Kepresidenan RJ-85. Di Rote, Presiden dijadwalkan akan memberikan pengarahan pada Rapat Koordinasi Nasional Bara JP Tahun 2018 (Barisan Relawan Jokowi Presiden).

Keesokan harinya, Presiden juga dijadwalkan akan menyerahkan Kartu Indonesia Pintar dan Program Keluarga Harapan serta sertifikat tanah untuk rakyat untuk wilayah di Kabupaten Rote.

Sebelum kembali ke Jakarta pada sore harinya, Presiden akan kembali menuju Kupang terlebih dahulu untuk meresmikan pengisian Bendungan Raknamo.

Kunjungan perdana ke Rote

Saat menyampaikan pidato kenegaraan pada 16 Agustus 2017, Presiden Joko Widodo menyapa masyarakat dari Sabang sampai Merauke dan dari Miangas hingga Rote. “Saudara-saudaraku dari Sabang sampai Merauke, dari Miangas hingga Rote,” ucap Presiden saat itu.

Tiga dari empat wilayah yang disebut dalam pidato kenegaraan telah dikunjungi Presiden, yakni Sabang, Merauke dan Miangas.

Sabang yang berada di bagian barat tanah air ini dikunjungi pada 10 Maret 2015. Miangas, pulau terluar di sebelah utara ini didatangi Presiden pada 19 Oktober 2016 dan Merauke yang merupakan wilayah yang berada di ujung timur Indonesia dikunjungi pada 30 Desember 2015. (*)