Kunjungi Jabar, Menteri Ini Ingin Belajar Model Membangun Desa

Foto : kemendesa.go.id

INFONAWACITA – Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal (PDT) dan Transmigrasi berharap ada program nasional dengan model yang sama untuk semua desa di Indonesia. Jika tidak, maka pemerintah bisa mengadaptasi model pembangunan desa di Jawa Barat.

Menteri Desa, PDT dan Transmigrasi Eko Putro Sandjojo mengatakan, Jawa Barat merupakan salah satu provinsi yang sukses dalam membangun daerah. Karena itu, dia ingin meminta saran kepada Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan terkait hal itu.

Menurut Eko, Ahmad Heryawan berkomitmen mendukung program kementeriannya untuk membuat daerah unggulan, sarana selepas panen dan infrastruktur di daerah tertinggal. Jumlah desa di Indonesia disebut mencapai sekitar 74.754 desa.

Berdasarkan hal tersebut, Eko berencana mengunjungi sejumlah Badan Usaha Milik Desa di Jawa Barat. Dengan demikian, tidak perlu lagi membuat sesuatu yang baru, tinggal mempelajarinya seperti di Garut, misalnya. Kementerian yang dipimpin Eko juga melirik program salah satu desa di Jawa Barat yaitu Desa Peradaban yang dilaksanakan di 300 desa. (KG)