Kunjungi Bengkulu Menteri PUPR Tinjau Rumah Khusus Nelayan

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan, Basuki Hadimuljono (foto: wartaekonomi)

INFONAWACITA.COM – Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono berkunjung ke Bengkulu guna meninjau secara langsung rumah khusus nelayan yang berada di Kelurahan Sumber Jaya, Kecamatan Kampung Melayu, Kota Bengkulu.

“Rumah khusus adalah program Kementerian PUPR untuk kebutuhan khusus seperti penduduk di daerah perbatasan, daerah tertinggal, pulau terluar, korban bencana alam dan nelayan,” ujar Basuki saat meninjau rumah khusus, Sabtu (23/12).

Ia menjelaskan bahwa rumah khusus ini dibangun dengan dana APBN 2017 melalui Ditjen Penyediaan Perumahan dan merupakan bagian dari program Sejuta Rumah yang dicanangkan pemerintah untuk mengurangi 13,5 juta keluarga yang belum memiliki rumah.

2017 telah dibangun 52 unit

Di Bengkulu pada 2017, Kementerian PUPR telah membangun sebanyak 52 unit rumah khusus yang sudah ditempati oleh masyarakat dari kalangan nelayan. Rumah khusus dengan tipe 36 dibangun menggunakan anggaran sebesar Rp7,6 miliar melalui APBN, sedangkan lahannya disediakan oleh Pemerintah Kota Bengkulu.

Para nelayan yang menghuni rumah khusus tersebut adalah mereka yang berpenghasilan rendah yakni di bawah Rp2,4 juta per bulan. Rumah itu juga telah dilengkapi dengan fasilitas air, listrik dan fasilitas pendukung lainnya.

Selain meninjau rumah khusus, kunjungan kerja Menteri PUPR di Bengkulu yaitu untuk menyerahkan sertifikat tanah bagi masyarakat melalui program reforma agrarian.

Menteri Basuki mewakili Presiden Joko Widodo menyerahkan sertifikati kepada 12 orang warga yang mewakili penerima sertifikat 57 ribu bidang tanah di Provinsi Bengkulu.

“Seharusnya Bapak Presiden yang menyerahkan langsung tapi karena hari ini berlangsung serentak penyerahan di lima provinsi maka saya mewakili,” ujar Basuki. (RA/yi)