Kunjungan Wisatawan ke Yogyakarta Tembus 5 Juta Orang

Ilustrasi (foto: dokumen)

INFONAWACITA.COM –¬†Kunjungan wisatawan ke Yogyakarta sepanjang tahun 2017 tembus ke angka 5 juta orang. Salah satu yang menyumbang secara signifikan adalah liburan panjang Natal dan Tahun Baru.

“Libur Natal dan Tahun Baru tahun ini berlangsung cukup panjang sekitar dua pekan dan bersamaan dengan libur sekolah sehingga kunjungan wisatawan ke Yogyakarta akan meningkat signifikan,” kata Pelaksana Tugas Kepala Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta Yunianto Dwi Sutono di Yogyakarta, Minggu (24/12), dikutip dari Antara.

Kawasan Malioboro dan sekitarnya, menurut dia, masih akan menjadi magnet utama penarik wisatawan ke Kota Yogyakarta. Kepadatan Malioboro sudah terjadi sejak sepekan terakhir dan diperkirakan makin padat hingga akhir tahun.

Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta membuka Tourist Information Center (TIC) sejak Sabtu (23/12) hingga 3 Januari 2018 di Jalan Malioboro untuk memberikan informasi dan pelayanan kepada wisatawan.

Saat malam pergantian tahun, Yunianto mengatakan, Malioboro akan menjadi salah satu titik perayaan, karenanya jalan akan ditutup untuk kendaraan bermotor.

“Penutupan jalan untuk akses kendaraan bermotor rencananya dilakukan sekitar pukul 16.00 WIB. Tidak boleh ada kendaraan bermotor yang melintas. Hanya untuk pejalan kaki,” katanya.

Yunianto mengatakan persiapan untuk menyambut wisatawan akhir tahun dilakukan lintas instansi sesuai dengan kewenangan dan tanggung jawab masing-masing, mulai dari kepolisian, Dinas Perhubungan, hingga Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta.

“Selain TIC, ada juga posko gabungan di beberapa titik seperti di Taman Parkir Abu Bakar Ali, simpang Gejayan, Gembira Loka Zoo dan di Titik Nol Kilometer,” katanya.

Ia menambahkan rekayasa lalu lintas di sejumlah ruas jalan sudah dilakukan untuk mendukung kelancaran arus lalu lintas meski kepadatan tidak dapat dihindarkan.

“Persiapan tidak hanya dilakukan di tingkat kota saja, tetapi hingga ke kecamatan sehingga wilayah dilibatkan untuk mendukung terciptanya keamanan, ketertiban dan kebersihan selama libur Natal dan Tahun Baru,” katanya.(AR/ANT)