Kumpulkan Kapolda dan Kajati, Jokowi Ingatkan 5 Hal Ini

foto: kompas

INFONAWACITA – Kerap menerima keluhan dari kepala daerah soal kerja kepolisian daerah dan kepala kejaksaan tinggi yang tidak sesuai prosedur, Presiden Joko Widodo mengumpulkan para Kapolda dan kepala Kajati.

Dalam pertemuan itu, Jokowi memberi arahan dan kembali mengingatkan lima hal yang merupakan instruksinya setahun lalu di Istana Bogor. Karena itu, Jokowi meminta untuk mematuhi semua instruksi yang pernah disampaikannya itu.

Pertama, kebijakan diskresi tidak bisa dipidanakan. Kedua, tindakan administrasi pemerintahan juga tak bisa dipidanakan. Potensi kerugian negara yang dinyatakan Badan Pemeriksa Keuangan masih diberi peluang selama 60 hari untuk dibuktikan kebenarannya.

Lalu, potensi kerugian negara juga mesti konkret, tidak mengada-ada. Terakhir kasus yang berjalan di kepolisian dan kejaksaan tak boleh disampaikan kepada media secara berlebihan sebelum masuk tahap penuntutan.

Setahun berlalu, namun pelaksanaan instruksi itu belum sesuai dengan apa yang disampaikan Jokowi. Setelah menyampaikan hal tersebut, para wartawan tidak diperkenankan mengikuti keluhan para kepala daerah yang disampaikan kepada Jokowi. Dan itu pula yang akan disampaikan kepada Kepala Polda dan Kepala Kejaksaan Tinggi. [KG]