Kritik Trump, Meryl Streep Sampaikan Pidato Emosional di Golden Globe

INFONAWACITA.COM – Aktris kawakan Meryl Streep menerima penghargaan lifetime achievement award Cecil B DeMille dalam malam penganugerahan Golden Globe, Minggu (8/1) malam waktu Los Angeles atau Senin (9/1) WIB. Dalam pidatonya yang emosional, Streep mengkritik presiden terpilih Amerika Serikat, Donald Trump, yang mengolok-olok reporter penyandang disabilitas dari New York Times, Serge Kovaleski.

Streep menyatakan apa yang dilakukan Trump akan memberikan contoh kepada orang lain, bahwa mereka boleh melakukan hal yang sama. “Satu hal yang membuat saya terpana. Ini menghujam hati saya. Bukan dalam arti bagus tentunya. Tidak ada yang baik tentang hal itu,” ujar Streep, seperti dilansir dari The Guardian.

“Itu saat seseorang didudukkan dalam kursi paling terhormat di negara kita, namun boleh mengolok-olok penyandang disabilitas. Hati saya hancur melihat itu. Dan ini tidak bisa lepas dari ingatan saya, karena ini tidak terjadi di dalam film. Ini terjadi di kehidupan nyata,” imbuh Streep yang membuat seluruh ruangan tertegun.

Streep dengan beberapa kali terlihat tercekat menambahkan, tindakan Trump telah melegitimasi aksi bullying dan mungkin ini akan dilakukan orang di kehidupan sehari-hari. “Naluri untuk mempermalukan, ketika itu dimodelkan oleh seseorang di platform publik, oleh seseorang yang kuat, akan memberikan izin bagi orang lain untuk melakukan hal yang sama.”

“Rasa tidak hormat akan mengundang rasa tidak hormat. Kekerasan akan mengundang kekerasan. Ketika orang kuat menggunakan kekuatannya untuk mem-bully orang lain, maka kita semua kalah.” Streep menambahkan, bahwa kebebasan pers harus terus dilindungi. Streep bukanlah satu-satunya yang mengkritik Trump. Bintang lainnya, Viola Davis mengungkapkan hal sama. Dalam kampanyenya di bulan November lalu, Donald Trump sempat mengolok-olok reporter New York Times, Serge Kovaleski, dengan menirukan gerakan reporter tersebut. Kovaleski adalah seorang penyandang disabilitas. (AR)