Kota Kelahiran Presiden Jokowi Ini Simpan 5 Minuman Tradisional, loh…

Salah satu ikon Kota Solo yang bisa menjadi objek selfie baru di kawasan Benteng Vastenburg. (Foto: surakarta.go.id)

INFONAWACITA.COM – Sebagai kota kelahiran Presiden Jokowi, Solo merupakan salah satu kota yang juga memiliki berbagai jenis kuliner lezat dan menggugah selera. Salah satunya adalah olahan minuman tradisional.

Jika dalam waktu dekat ini tengah berencana berlibur ke Kota Solo, berikut rangkuman 5 minuman tradisional yang wajib dicicipi. Cek, yuk, apa saja.

Es Dawet Telasih. (Foto: cumilebay.com)
1. Es Dawet Telasih

Banyak orang yang tentunya sudah tidak asing lagi dengan olahan es dawet. Minuman ini merupakan salah satu minuman segar asli Indonesia yang dapat ditemui di sejumlah daerah. Termasuk di Solo.

Bedanya, di kota ini, es dawet disajikan dengan bubur ketan hitam, bubur sumsum, tape ketan, biji telasih, dan cendol. Tak heran jika dikenal dengan sebutan es dawet telasih. Tertarik untuk mencicipinya? Minuman ini mudah ditemukan di Pasar Gedhe, Solo.

Wedang Ronde. (Foto: surakarta.go.id)
2. Wedang Ronde

Jangan lupa untuk mencoba olahan wedang ronde yang banyak dijajakan di sekitaran Stadion Manahan. Para pedagang biasanya akan menjual dagangan mereka di malam hari.

Wedang ronde sebetulnya merupakan rebusan jahe yang diseduh dengan air panas. Lalu diberikan tambahan makanan pelengkap seperti kacang tanah, kolang-kaling, serta kue beras yang berisi tumbukan kacang wijen. Minuman ini sangat pas dinikmati di saat cuaca dingin atau untuk menemani begadang.

Wedang Uwuh. (Foto: tournesia.com)
3. Wedang Uwuh

Selain wedang ronde, ada satu lagi olahan unik lainnya yang dikenal dengan sebutan wedang uwuh. Dalam bahasa Jawa ‘uwuh’ memiliki arti sampah.

Jangan kaget dulu, usut punya usut, minuman tersebut diolah dari campuran berbagai rempah-rempah pilihan yang berkhasiat untuk kesehatan. Para pedagang biasanya menggunakan daun cengkeh kering, daun kayu manis kerig, gula batu, butir cengkeh, dan jahe kering.

Soal rasa tidak perlu ditanya lagi. Wedang uwuh menyuguhkan cita rasa khas dengan sensasi hangat yang menggugah selera. Salah satu tempat yang dapat disambangi untuk mencicipi minuman ini adalah Dapur Solo, Purwosari, atau warung hik disekitaran Stadion Manahan Solo.

Es Gempol Plered. (Foto: blog.unnes.ac.id)
4. Es Gempol Plered

Namanya yang unik mungkin akan membuat penasaran. Gempol adalah makanan yang terbuat dari tepung beras.

Bentuknya bulat seperti bakso, dan memiliki warna putih. Sedangkan plered adalah tepung ketan yang telah dipipihkan dan ‘diplered’ (dibuat cekung) yang kemudian dikukus hingga matang.

Minuman ini biasanya disajikan dengan parutan es, santan putih, lalu diberi sedikit gula sebagai pemanisnya. Sama seperti es dawet telasih, minuman ini dapat dijumpai di kawasan Pasar Gedhe, Solo.

Beras Kencur. (Foto: stephealthylife.wordpress.com)
5. Beras Kencur

Mendengar beras kencur tentu pikiran kita akan tertuju pada olahan jamu berwarna kuning kecoklatan. Beras kencur juga merupakan salah satu minuman khas Solo yang sering dijual oleh penjaja jamu keliling.

Tapi kemudian, seiring berkembangnya zaman, minuman ini sudah cukup sulit untuk ditemukan. Tapi jangan khawatir, dengan mengunjungi Dapur Solo, sajian es beras kencur bakal bisa dinikmati. Tentunya dengan harga yang cukup terjangkau.