Korban Tewas Serangan London 5 Orang, 40 Lainnya Terluka

INFONAWACITA.COM – Korban tewas dalam aksi brutal yang dilakukan seseorang di London mencapai lima orang. Sementara sedikitnya 40 orang dilaporkan terluka.

Serangan itu berlangsung pada Rabu (22/3), sekitar pukul 14.40 waktu setempat. Seseorang dengan mengendarai Hyundai i40 abu-abu menyetir mobil di sepanjang trotoar Westminster Bridge, dekat Gedung Parlemen di pusat kota London, Inggris. Mobil ini menabrak dan menewaskan dua orang, serta melukai banyak warga.

Mobil itu kemudian menabrak pagar luar Gedung Parlemen. Penyerang yang membawa pisau kemudian berlari ke Gedung Parlemen di mana dia berhadapan dengan seorang polisi tak bersenjata. Penyerang lalu menikam polisi tersebut hingga tewas. Penyerang berhasil dilumpuhkan petugas bersenjata hingga tewas. Demikian dilaporkan BBC.

Sementara itu, Perdana Menteri Theresa May menyebut pelaku serangan ini sebagai orang yang “sakit dan kejam” dan menyebut penyerangan ini sudah direncanakan. “Lokasi serangan ini bukan tidak disengaja. Pelaku “memilih untuk menyerang di jantung ibu kota kita, tempat orang dari segala kewarganegaraan, agama dan budaya, berkumpul. Jalan Westminster ini, adalah tempat parlemen tertua di dunia dipancangkan dengan semangat kebebasan. Itu sebabnya mengapa tempat ini menjadi sasaran bagi mereka yang menolak semua nilai tersebut. Setiap upaya untuk mengalahkan nilai itu melalui teror atau kekerasan akan gagal,” kata May berbicara di luar kantor di 10 Downing Street.(AR)