Konkret! Amankan Jawa Timur, Ratusan Ribu Banser Dikerahkan

INFONAWACITA.COM – Sebanyak 130 ribu Barisan Ansor Serbaguna (Banser) Jawa Timur akan dikerahkan untuk menjaga kondisi Surabaya dan kota lainnya. Bersinergi dengan aparat keamanan, Banser akan disebar di sejumlah objek vital Jawa Timur.

Kepala Satuan Markas (Kasatma) Banser Jatim M Ridwan menjelaskan diturunkannya ratusan ribu Banser tersebut merupakan panggilan hati nurani untuk bersama-sama menjaga kondisi Jawa Timur.

“Ini panggilan kemanusiaan, serta merupakan tradisi,” ujarnya saat menyampaikan pernyataan dukungan untuk melawan terorisme di Mapolda Jatim, seperti dikutip nu.or.id pada Jumat (18/5/2018).

Kerja Sama dengan Polri dan TNI

Info terkait: Ketum Ansor: Kelompok Perongrong NKRI, Berhadapan dengan Ansor dan Banser

Selain itu Banser Jatim juga telah mendirikan posko antiteror di Mako Banser. Mereka akan siap diterjunkan di tempat ibadah, tempat pendidikan, dan juga pusat perbelanjaan.

Kesiapan tersebut juga berdasarkan koordinasi dengan pihak keamanan yakni Polri dan TNI. “Apa yang kami lakukan tetap bekerja sama dengan Polri dan TNI,” tambahnya.

Sepekan terakhir Jawa Timur memang diguncang teror. Beberapa aksi peledakan yang didalangi oleh jaringan ISIS di Indonesia tejadi di daerah paling timur Jawa tersebut sejak Minggu 13 Mei lalu. Beberapa aksi teror tersebut seperti peledakan 3 gereja yang dilakukan oleh satu keluarga, peledakan Rusunawa di Sidoarjo dan penyerangan Polrestabes Surabaya. (DS/yi)

Jangan lewatkan: Belajar Kemanusiaan dari Riyanto, Banser NU yang Tewas Saat Amankan Natal