Kerjasama KPAI dan Kementerian Pariwisata, Wujudkan Sektor Wisata Ramah Anak

KPAI bertemu dengan Menteri Pariwisata membahas sektor wisata ramah anak (Foto: Kemenpar)
KPAI bertemu dengan Menteri Pariwisata membahas sektor wisata ramah anak (Foto: Kemenpar)

INFONAWACITA.COM – Ketua Komisi Pelindungan Anak Indonesia (KPAI) Susanto mengatakan, pihaknya berusaha mendorong Kementerian Pariwisata agar dapat mewujudkan pariwisata yang ramah anak.

“Mengingat pariwisata merupakan sektor strategis yang terkait dengan anak, maka kami menyampaikan gagasan pariwisata ramah anak yang sudah disampaikan kepada Menteri Pariwisata,” ujar Susanto.

Susanto mengatakan pihaknya menyampaikan gagasan tersebut kepada Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya saat bersilaturahmi ke Kantor Kementerian Pariwisata di Jakarta pada Senin (21/5/2018) kemarin.

Susanto menilai ada hal-hal yang perlu diperhatikan dalam mewujudkan pariwisata yang ramah anak adalah aspek sistem keselamatan yang berorientasi pada perlindungan anak.

“Sarana dan prasarana serta standar layanan harus memenuhi standar aman untuk anak, termasuk aman dari potensi kejahatan seksual, kecelakaan dan perdagangan manusia,” jelasnya seperti dikutip dari CNNIndonesia.com pada Rabu (23/5/2018).

Untuk mewujudkan hal itu, Susanto berharap sektor pariwisata tidak mempekerjakan orang-orang yang memiliki riwayat sebagai pelaku kejahatan seksual terhadap anak.

Meminimalisir Pekerja Anak

“Selanjutnya, tidak mempekerjakan anak di sektor pekerjaan terburuk,” ujarnya.

Menpar, Arief Yahya juga berjanji akan mengeluarkan kebijakan agar pemerintah daerah dan Lembaga Sertifikasi Profesi memastikan batas umur minimal untuk pekerja di bidang wisata, tidak menyalahi peraturan perundangan untuk melindungi anak.

Dalam silaturahim dengan Kementerian Pariwisata tersebut, dibahas juga mengenai kemungkinan kerja sama antarlembaga sehingga KPAI dapat memberikan rekomendasi bagi pengembangan pariwisata ramah anak. (RA/zh)