Kerja Sama dengan Jepang, Bali Kembangkan Pertanian

Panen raya padi di Purbalingga. (Foto: pertanianku.com)
Panen raya padi di Purbalingga. (Foto: pertanianku.com)

INFONAWACITA.COM – Bali bekerja sama dengan Jepang untuk kembangkan pertanian. Kerja sama ini melibatkan Dinas Pertanian Provinsi Bali dan Kota Osaki, Provinsi Kagosima, Jepang.

Ada 3 komoditi pertanian yang akan dikembangkan bersama-sama salah satunya ialah pengelolaan pupuk Simantri.

“Kita dibantu dengan beberapa alat pengolah pupuk,” kata Kepala Dinas Pertanian Provinsi Bali, IB Wisnuardhana seperti dikutip dari Balipost.com pada Selasa (26/12).

Setelah presentasi, pihaknya akan mengajak ke lapangan, baru kemudian diawali dengan membuat kebun percobaan (demplot/demonstration plot). Pengembangan teknologi untuk pertanian dilakukan di Balai Teknologi Pertanian.

Kartu Tani

Di balai tersebut kini dikatakan ada alat tanam bermesin jajar legowo. Sementara untuk memudahkan petani membeli pupuk bersubsidi dan penyaluran bantuan, pihaknya juga bekerjasama dengan BNI mengeluarkan kartu tani.

Dengan kartu tani, semua sistem menggunakan sistem elektronik. “Target kita, petani punya kartu tani ini. Ini kan bagus, tapi harus buka rekening di BNI,” imbuhnya.

Dengan kartu tani ini juga, petani mendapat prioritas mendapatkan program kredit di bank. Di bidang pemasaran, pihaknya bekerja sama dalam bidang pemasaran. (*/DS/yi)