Kerja Nyata, Presiden Jokowi Ungkapkan Delapan Bendungan Lagi Selesai Tahun Ini

Presiden Jokowi berbincang dengan warga saat meninjau pembangunan Bendungan Kuningan, di Desa Randusari, Kecamatan Cibeureum, Kabupaten Kuningan, Jumat (25/5) pagi. (Foto: JAY/setkab.go.id)

INFONAWACITA.COM – Rencananya masih akan ada 8 bendungan lagi yang selesai di tahun 2018 ini. Hal ini dijanjikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) usai meninjau pembangunan Bendungan Kuningan, Kabupaten Kuningan di Desa Randusari, Kecamatan Cibeureum, Kabupaten Kuningan, Jumat (25/5) pagi.

“Satu per satu akan selesai. Misalnya, tahun yang lalu Raknamo. Tahun ini mungkin 8 waduk lagi akan selesai, termasuk di dalamnya waduk Kuningan hari ini. Tahun depan akan selesai lagi,” kata Presiden seperti dikutip dari setkab.go.id.

Karakteristik Bendungan Kuningan

Mengenai Bendungan Kuningan sendiri, Presiden Jokowi menjelaskan luasnya 221 hektar, yang dibendung adalah Sungai Cikaro, anak sungai dari Sungai Cisanggarung. Diharapkan dari Bendungan Kuningan ini nantinya bisa mengairi 3.000 hektare sawah dan juga akan menjadi air baku untuk kurang lebih 300 liter per detik untuk 300.000 KK, baik di Kuningan, kemudian di bawah di Brebes.

“Waduk ini waduk besar, memang belum kelihatan. Nanti kalau airnya sudah masuk akan kelihatan, ini akan menampung 25 juta meter kubik air sehingga bisa mengairi sawah tadi yang saya sampaikan,” ujar Presiden Jokowi.

Bendungan Kuningan merupakan sebuah waduk yang diciptakan dengan kapasitas daya tampung air sekitar 25,96 juta meter kubik, dengan luas genangan sebesar 221,59 hektare. Saat ini, progres pengerjaan sudah hampir mencapai 80 persen.

Setelah meninjau Bendungan Kuningan, Presiden Jokowi dan Menteri PUPR Basuki akan segera beranjak menuju Rumah Khusus. Komplek hunian tersebut diperuntukkan bagi warga yang kediamannya direlokasi akibat pembangunan waduk. (DS/yi)