Kepala Negara Resmikan SUGBK, Timnas Indonesia VS Islandia

Presiden Joko Widodo berfoto bersama sejumlah tenaga kerja konstruksi saat membuka Percepatan Sertifikasi Tenaga Kerja Konstruksi yang dilakukan secara serempak di seluruh wilayah Indonesia. Pembukaan acara tersebut digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Kamis (19/10). (foto: Biro Pers Setpres)

INFONAWACITA.COM – Presiden Joko Widodo akan meresmikan Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) pada Minggu (14/1/2018) malam. Bukan hanya sekadar peresmian saja, selanjutnya akan dilakukan uji coba Timnas Indonesia dengan Islandia.

Laga uji coba antara Indonesia dengan Islandia dilakukan mulai pukul 19.00 WIB. Presiden Jokowi meresmikan SUGBK pukul 18.30 WIB.

Ini sekaligus menandakan bahwa setelah satu tahun direnovasi, SUGBK sudah siap digunakan. Berbagai fasilitas mewah dan canggih mendukung stadion yang dibangun pada 1962 tersebut juga telah disiapkan. Sekaligus juga untuk menyambut Asian Games.

Modernisasi SUGBK

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat sebagai penanggung jawab dan PT Adhi Karya sebagai kontraktor tak mengubah penampakan fasad SUGBK sebagai bangunan heritage. Tapi kini SUGBK didukung dengan fasilitas yang lebih modern.

Di antaranya, penerangan lapangan dengan kekuatan lampu yang ditingkatkan dari 1.500 lux menjadi 2.500-3.000 lux. Lalu sumber daya listrik ramah lingkungan berupa solar panel dengan kapasitas 420 KWP. Serta sound system berkekuatan 8.800 ribu watt PMPO.

SUGBK juga diklaim sebagai green stadion yang menggunakan sistem drainase lapangan yang lebih pendek. Dengan jarak tiap saluran dari tiap 7 meter menjadi 4 meter. Serta dilengkapi penyiram lapangan otomatis dengan menggunakan limbah air hujan.

Untuk sistem keamanannya, SUGBK kini juga memiliki kamera CCTV terbaik. Dengan spesifikasi 7k. Dilengkapi fitur face recognition (pendeteksi wajah).

Pada bagian VVIP, stadion dilengkapi dengan kaca anti peluru di area Royal Box. Sementara bagian tribun kini diubah menjadi single seat tipe flip up. Dengan jumlah sekitar 75 ribu dari sebelumnya 80 sampai 90 ribu.

SUGBK juga lebih ramah kepada difabel. Setelah ditambah dengan fasilitas akses di dekat ring dalam tribun agar pengguna kursi roda bisa masuk. Serta dipasang 200 kursi untuk pendampingnya di bagian paling bawah tribun, seperti dikutip dari detik.com.