Kepala Bekraf Triawan Munaf: Kabar Gembira Bagi Indonesia Datang dari Italia

Kepala Bekraf Triawan Munaf. foto: bekraf.go.id
Kepala Bekraf Triawan Munaf. foto: bekraf.go.id

INFONAWACITA.COM – Kepala Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) Triawan Munaf menyampaikan kabar gembira. Sebabnya karena film berjudul Kado berhasil memenangkan penghargaan kategori film pendek terbaik di Venesia, Italia.

“Kabar gembira datang dari Italia, Sabtu 8 September 2018. Film pendek produksi Miles Films karya sutradara muda Aditya Ahmad terpilih sebagai Film Pendek Terbaik di kompetisi Orizzonti, 75th Venice International Film Festival,” tulis Triawan melalui akun resmi media sosialnya, seperti dikutip pada Minggu (16/9/2018).

Selain Aditya Ahmad yang akrab dipanggil Adit, Mira Lesmana dan Riri Riza selaku produser film KADO, Isfira Febiana dan Adin Amaruddin, selaku pemeran utama dan manajer produksi film tersebut pun turut serta hadir di Venesia. Untuk menghadiri perhelatan istimewa dan bergengsi itu.

Mira dan Riri mengaku bangga film karya Aditya Ahmad ini mampu mengalahkan 12 film pendek finalis lainnya. “KADO bersaing dengan film-film dari berbagai negara yang juga istimewa, jadi kemenangan ini sungguh kebanggan bukan hanya untuk kami, tapi juga untuk kita, Indonesia”, ujar Mira Lesmana.

Adit juga sangat berbahagia. “Saya sungguh tidak menyangka. Selain berhasil memenangkan penghargaan bergengsi ini, saya juga mendapat kesempatan berada dalam satu ruangan dan berkenalan dengan sutradara-sutradara ternama dunia. Seperti Alfonso Cuarón (sutradara terbaik Oscar 2014 untuk film Gravity dan pemenang Golden Lion untuk film terbarunya Roma di Venesia) dan Guillermo del Toro (The Shape Of Water, film terbaik Oscar 2018). Mereka begitu ramah dan memberikan ucapan selamat kepada saya”.

Seluruhnya Berasal dari Makassar

Aditya Ahmad sendiri bukanlah nama asing di sirkuit festival film Indonesia, maupun dunia. Tahun 2014 film pendek berjudul Sepatu Baru yang juga dibintangi Isfira Febiana dibuat Adit sebagai tugas akhir syarat kelulusan dari Institut Kesenian Makassar. On Stopping The Rain, demikian judul film tersebut dalam bahasa inggris, sukses menuai pujian. Diantaranya Special Mention di kategori Generation Kplus yang merupakan bagian dari Berlinale, festival film internasional bergengsi di Berlin.

Film KADO, yang berjudul bahasa Inggris “A Gift”, pengambilan gambarnya dilakukan di Makassar, Sulawesi Selatan. Kru serta pemainnya adalah anak-anak muda berbakat yang seluruhnya berasal dari Makassar. Tentu saja dengan dukungan juga dari Badan Ekonomi Kreatif Indonesia (BEKRAF), Pusat Pengembangan Film Kemendikbud Republik Indonesia serta Gubernur Sulsel.

 

View this post on Instagram

 

KADO Memenangkan Film Pendek Terbaik di Venesia. Kabar gembira datang dari Italia, Sabtu 8 September 2018. Film pendek produksi Miles Films karya sutradara muda Aditya Ahmad terpilih sebagai Film Pendek Terbaik di kompetisi Orizzonti, 75th Venice International Film Festival. Selain Aditya Ahmad yang akrab dipanggil Adit, Mira Lesmana dan Riri Riza selaku produser film KADO, Isfira Febiana dan Adin Amaruddin, selaku pemeran utama dan manajer produksi film tersebut pun turut serta hadir di Venesia untuk menghadiri perhelatan istimewa dan bergengsi itu. Mira dan Riri mengaku bangga film karya Aditya Ahmad ini mampu mengalahkan 12 film pendek finalis lainnya, “KADO bersaing dengan film-film dari berbagai negara yang juga istimewa, jadi kemenangan ini sungguh kebanggan bukan hanya untuk kami, tapi juga untuk kita, Indonesia”, ujar Mira Lesmana. Adit juga sangat berbahagi, “Saya sungguh tidak menyangka. Selain berhasil memenangkan penghargaan bergengsi ini, saya juga mendapat kesempatan berada dalam satu ruangan dan berkenalan dengan sutradara-sutradara ternama dunia seperti Alfonso Cuarón (sutradara terbaik Oscar 2014 untuk film Gravity dan pemenang Golden Lion untuk film terbarunya Roma di Venesia) dan Guillermo del Toro ( The Shape Of Water, film terbaik Oscar 2018). Mereka begitu ramah dan memberikan ucapan selamat kepada saya”. Aditya Ahmad sendiri bukanlah nama asing di sirkuit festival film Indonesia, maupun dunia. Tahun 2014 film pendek berjudul Sepatu Baru yang juga dibintangi Isfira Febiana dibuat Adit sebagai tugas akhir syarat kelulusan dari Institut Kesenian Makassar. On Stopping The Rain, demikian judul film tersebut dalam bahasa inggris, sukses menuai pujian, diantaranya Special Mention di kategori Generation Kplus yang merupakan bagian dari Berlinale, festival film internasional bergengsi di Berlin. Film KADO, yang berjudul bahasa Inggris “A Gift”, pengambilan gambarnya dilakukan di Makassar, Sulawesi Selatan dan kru serta pemainnya adalah anak-anak muda berbakat yang seluruhnya berasal dari Makassar. Badan Ekonomi Kreatif Indonesia (BEKRAF), Pusat Pengembangan Film Kemendikbud Republik Indonesia serta Gubernur Sulsel. @mirles @rizariri

A post shared by Triawan Munaf (@triawanmunaf) on