Kementerian ESDM Sebut Kendala Cuaca Jadi Faktor Kelangkaan Elpiji 3 kg

Wakil Menteri ESDM, Arcandra Tahar (tengah) foto: infonawacita.com (DS)

INFONAWACITA.COM – Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mengidentikasi salah satu penyebab kelangkaan gas elpiji 3kg karena gangguan cuaca dalam proses ditribusi.

“Kalau ada kekurangan pasokan kemungkinan sifatnya sementara,” kata Wakil Menteri ESDM Arcandra Tahar di Jakarta, Jumat (8/12).

Saat ini, kelangkaan elpiji kata Arcandra sudah dapat diatasi.

Lebih lanjut Arcandra menjelaskan, dari hasil evaluasi Pertamina dan Kementerian ESDM menemukan jika pasokan gas elpiji 3kg masih aman, berkisar 20 ribu hingga 20,4 ribu ton perbulannya.

“Secara garis besar stok elpiji aman 18 hingga 20 hari kedepan,” ujar Arcandra.

Tambah Stok

Pemerintah pun kata Arcandra sudah menambah pasokan gas elpiji 3kg di bulan Desember ini. Mengingat setiap menjelang natal dan tahun baru kebutuhan masyarakat selalu meningkat.

“Kita punya rata-rata 20 hari persediaan, jika lonjakan biasanya hingga 0,4 ribu matrix perton dari 20 ribu matrix perhari, jika sebesar itu insyallah kita tetap mampu mengatasi jika terjadi lonjakan kebutuhan di akhir tahun,” kata Arcandra.

Kata Arcandra, jika masih ada masyarakat yang merasa kekurangan gas elpiji 3kg di daerahnya, pemerintah berharap masyarakat dapat melaporkannya ke call center Pertamina 1 500 000. Nantinya pemerintah akan segera memenuhi kebutuhan daerah yang kekurangan gas elpiji.

“Masyarakat diharapkan memberikan laporan pasti dimana kekurangan pasokan dan insyaallah Pertamina akan menambah kebutuhannya,” ujar Arcandra. (DS/HG)