Kementerian ESDM Rayakan Peringatan 72 Tahun Hari Pertambangan dan Energi

Menteri ESDM Ignasius Jonan dan Wakil Menteri ESDM Arcandra Tahar bersama para mantan Menteri ESDM saat memperingati Hari Pertambangan dan Energi ke-72 di Kantor kementerian ESDM, Jakarta, 28 September 2017. (foto: Infonawacita.com/Desy Selviany)

INFONAWACITA.COM – Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) memperingati 72 tahun Hari Pertambangan dan Energi. Peringatan tersebut dihadiri oleh hampir seluruh mantan Menteri ESDM.

Beberapa di antaranya yang hadir ialah Menteri ESDM tahun 2000-2009 Purnomo Yusgiantoro, Menteri ESDM 2014-2016 Sudirman Said, dan Menteri ESDM 1978-1988 Profesor Subroto.

Perayaan pertama kali

Saat memberi sambutan, Menteri ESDM Ignasius Jonan pun menyambut baik perayaaan yang baru pertama kali dilangsungkan oleh Kementerian ESDM itu. Kehadiran para mantan Menteri ESDM ini menurut Jonan sebuah pertanda dari keseriusan Kementerian ESDM untuk benar-benar berubah dan memperbaiki kinerja.

Kata Jonan, saat ini Kementeriannya memang berusaha untuk dapat mempersatukan seluruh mantan Menteri ESDM untuk kemajuan ESDM di Indonesia. Hal ini pun, terang Jonan, disambut baik oleh grup-grup What’s App yang dibuatnya.

“Komentar grup terharu Kementerian ESDM mulai sungguh-sungguh menjalin hubungan dengan para senior,” kata Jonan saat memberi sambutan perayaan ke-72 Hari Pertambangan dan Energi di Gedung Kementerian ESDM pada Kamis (28/9).

Perayaan ini sendiri kata Jonan, merupakan inisiatif mantan Menteri ESDM Purnomo Yusgiantoro. Ini juga merupakan pesta perayaan pertambangan pertama yang diselenggarakan oleh Kementerian ESDM.

Demi kepentingan bangsa

Ia pun berharap dengan pesta ini, dapat menjadi pengingat Kementeriannya untuk terus bekerja lebih baik untuk kepentingan bangsa.

“Selamat kepada Kementerian ESDM. Ini pesta besar. Karena manusia punya perasaan mudah-mudahan diacarakan proporsional seperti ini bisa jadi semangat bersatu membangun sektor ini menjadi lebih baik,” kata mantan Dirut PT KAI ini.

Pada kesempatan tersebut Jonan melakukan pemotongan tumpeng didampingi sang istri Ratnawati Jonan dan Wakil Menteri ESDM Archandra Tahar beserta istri.

Tumpeng pertama diberikan kepada pegawai termuda ESDM yang berusia 26 tahun. Sedangkan potongan tumpeng kedua ia berikan kepada mantan Menteri ESDM tertua Profesor Subroto. (DS/yi)