Kementerian ESDM Berharap Penghematan Energi Dimulai dari Gedung Perkantoran

Direktur Konservasi Energi Direktorat Jenderal Energi Baru, Terbarukan dan Konservasi Energi (EBTKE) Ida Nuryatin Finahari tengah berbicara di acara Astra Green Summit 2017 di Jakarta pada Selasa (31/10). (foto: Kementerian ESDM)

INFONAWACITA.COM – Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mendorong penghematan energi. Diharapkan, penghematan energi ini dapat dimulai di gedung-gedung perkantoran di Indonesia.

Hal ini diungkapkan Direktur Konservasi Energi Direktorat Jenderal Energi Baru, Terbarukan dan Konservasi Energi (EBTKE) Ida Nuryatin Finahari usai acara Astra Green Summit 2017 di Jakarta pada Selasa (31/10).

“Begitu sebuah perusahaan dapat wujudkan efisiensi energi, hal tersebut berbanding lurus pada penghematan anggaran yang mereka capai,” kata Ida seperti termuat dalam rilis yang diterima Infonawacita.com pada Rabu (31/10).

Saat ini, kata Ida, Kementerian ESDM juga berupaya mengampanyekan gaya hidup hemat energi. Misalnya saja sejak 2016 pihaknya telah meluncurkan jargon 3M, yakni: mencabut kabel dari stop kontak, mematikan lampu yang tidak digunakan, dan meningkatkan suhu pendingin ruangan.

Selain itu Ida juga berharap sosialisasi hemat energi bisa dimulai sejak dini dimulai dari keluarga-keluarga Indonesia.

“Semua dimulai dari keluarga. Oleh karena itu, gaya hidup hemat energi harus mulai disosialisasikan sejak usia dini,” kata Ida.

Saat ini Kementerian ESDM pun melalui Inpres 13 Tahun 2011 tentang penghematan energi dan air sudah mewajibkan gedung pemerintah untuk menyampaikan pelaporan penghematan energi dan air. Hingga Oktober 2017 baru 31 persen Pemerintah Provinsi dan 69 persen Kementerian/Lembaga yang melaksanakan Inpres tersebut. (DS/yi)