KemenPUPR Tingkatkan Pelayanan dan Pengawasan Subsidi KPR FLPP

Ilustrasi KPR bersubsidi (foto: katadata)

INFONAWACITA.COM – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (KemenPUPR) sejalan dengan penyaluran KPR subsidi melalui program Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP) juga akan meningkatkan pelayanan dan pengawasan subsidi.

Dirjen Pembiayaan Perumahan, Lana Winayanti mengatakan KemenPUPR akan membuat sistem registrasi pengembang dan mulai diberlakukan pada awal Januari 2018. “Nantinya lewat sistem itu hanya pengembang yang sudah terdaftar saja yang bisa membangun rumah FLPP,” ujar Lana.

Registrasi pengembang dilaksanakan dalam rangka menata, mengkoordinir dan meningkatkan peran asosiasi dan pengembang dalam memenuhi kebutuhan rumah bagi Masyarakt Berpenghasilan Rendah (MBR), sehingga MBR dapat terlindungi dengan kepastian kualitas rumah yang dibelinya.

Registrasi pengembang dilakukan dalam beberapa tahap, yaitu tahap registrasi asosiasi dan pengembang pada Januari–Maret 2018, tahap seleksi asosiasi dan pengembang pada April–Juni 2018, tahap sertifikasi asosiasi dan pengembang pada Juli–Desember 2018 dan tahap reward dan punishment asosiasi dan pengembang pada Desember 2018.

Sistem layanan e-FLPP

Dirut Pusat Pengelolaan Dana Pembiayaan Perumahan (PPDPP), Budi Hartono mengatakan PPDPP juga telah memiliki sistem layanan e-FLPP yang merupakan sistem layanan verifikasi terhadap data calon debitur FLPP yang diajukan oleh bank pelaksana.

Sistem ini mampu meminimalisir human eror dalam pemasukan data dan mempercepat layanan dari yang sebelumnya 5 hari kerja menjadi 3 hari kerja. Dengan sistem ini, 5 ribu data dapat diverifikasi dalam waktu lebih kurang satu jam, sehingga mampu mempercepat pelayanan pencairan dana FLPP kepada MBR.

Selain itu di tahun 2017 ini PPDPP juga bekerja sama dengan Kementerian Dalam Negeri terkait Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) dengan melakukan pemanfaatan data melalui KTP Elektronik yang telah terhubung dengan Kemendagri untuk memastikan keabsahan data calon debitur sesuai dengan yang disyaratkan.

Untuk lebih menunjang layanannya di bidang informasi, tahun ini PPDPP membuka layanan Hotline PPDPP dengan nomor 0-800-10-77377. Layanan bebas pulsa tersebut dapat mempermudah masyarakat untuk memperoleh informasi yang terkait dengan FLPP. (RA/yi)