Kemenkeu Batasi Perubahan Anggaran Kementerian dan Lembaga

Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati.

INFONAWACITA.COM – Kementerian Keuangan akan membatasi perubahan anggaran di tiap-tiap kementerian atau lembaga, yang dinilai tak sesuai rencana. Selama ini perubahan perubahan program di luar rencana berpengaruh signifikan terhadap APBN.

Hal ini disampaikan Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati, saat rapat koordinasi bersama Menteri Koordinator Bidang Perekonomian dan Menteri PPN/Kepala Bappenas, di Jakarta, pekan lalu. “Kita coba lakukan pemetaan untuk mengetahui siapa melakukan apa, termasuk terkait proses-proses politiknya,” ujar Menkeu.

Ditambahkan Menkeu, selama ini perubahan program-program seperti ini sangat mempengarui anggaran, sehingga perlu adanya pembatasan. “Saya merasa memang perlu pembatasan kementerian atau lembaga untuk melakukan perubahan anggaran atas program-program yang telah direncanakan. Karena selama ini kebebasan ini telah menciptakan loophole pada perencanaan dan penganggaran,” imbuhnya.

Sementara pada saat yang sama, Menteri PPN/Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro menilai, harus ada upaya pengendalian pada kementerian dan lembaga supaya tak terjadi deviasi sasaran pembangunan, juga duplikasi program atau kegiatan. Menkeu dan Menteri PPN sepakat akan membuat sistem perencanaan dan penganggaran yang lebih kridebel di masa datang.(AR/*)