Kemenkes: Minum Jamu Cara Murah Cegah Penyakit

(Foto: beritagar.id)

INFONAWACITA.COM – Meningkatkan kesehatan masyarakat melalui cara tradisional terbilang mudah. Selain karena sudah terbiasa dilakukan oleh masyarakat, juga dapat mencegah terjadinya penyakit.

Direktur Kesehatan Tradisional, Kemenkes, dr. Ina Rosalina, Sp.A(K) mencegah penyakit dengan cara tradisional bisa dilakukan dengan mudah dan murah. Ia menyebutkan cara tradisional itu di antaranya dengan minum jamu.

“Minum jamu adalah cara murah mencegah berbagai penyakit dan itu sudah biasa dilakukan oleh masyarakat,” katanya saat temu media di sela Rakerkesnas, Rabu (13/2/19) di Tangerang.

Obat Herbal

Dilansir dari sehatnegeriku.kemkes.go.id, masyarakat juga perlu memperhatikan jenis jamu yang akan dikonsumsi sebab ada beberapa orang yang alergi dengan jenis jamu tertentu. Akibatnya, Ina mencontohkan, jika minum salah satu jenis jamu efek yang langsung dirasa adalah sakit perut.

Namun demikian, jamu merupakan bagian dari obat herbal. Intinya dengan mengonsumsi obat herbal dapat meningkatkan kualitas hidup masyarakat.

Khasiat dengan sering mengonsumsi jamu adalah membantu revitalisasi tubuh, sehingga tubuh menjadi sehat. Contohnya pegagan, jenis herbal itu dapat melancarkan peredaran darah ke otak sehingga dapat mencegah kepikunan.

Indonesia memiliki berbagai jenis tanaman herbal, bahkan bisa dipromosikan di skala internasional sebagai negara pemanfaat tanaman herbal untuk mencegah penyakit.

“Kita (Kemenkes) bekerja secara promotif preventif. Pencegahannya bisa dilakukan dengan mudah dan murah dengan cara tradisional dan terampil seperti minum jamu dan akupresur,” kata Ina.