Kemenhub Akan Batasi Operasional Kendaraan Bertonase Berat

Ilustrasi (Foto: dokumen)

INFONAWACITA.COM – Kepadatan arus kendaraan diprediksi akan kembali terjadi pada 30-31 Desember mendatang. Untuk mengantisipasi hal itu, Kementerian Perhubungan akan membatasi pergerakan operasional kendaraan bertonase berat.

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi, Minggu (24/12) kemarin mengungkapkan, pembatasan terutama pada saat arus balik pascalibur Tahun Baru. Berdasarkan prediksi PT Jasa Marga (Persero) Tbk, puncak arus balik diperkirakan terjadi pada 1 Januari 2018.

Tak kurang dari 104.000 kendaraan diperkirakan bakal melintasi Gerbang Tol Cikarang. Jumlah tersebut meningkat drastis bila dibandingkan volume lalu lintas normal yakni 74.000 kendaraan. “Saat arus balik kami mengimbau kendaraan berat dalam kurun waktu yang panjang agar tidak melakukan kegiatan,” kata Menhub, dikutip dari kontan.co.id.

Selain pembatasan operasional, Kemhub juga akan berkoordinasi dengan aparat kepolisian dalam melaksanakan rekayasan lalu lintas saat kepadatan mulai terjadi.

Jalur Tol Cipali serta Gerbang Tol Brebes Timur atau Brexit, menurut Budi, menjadi sejumlah titik yang nantinya akan mendapat perhatian dari Kementerian Perhubungan. Di samping, jalur selatan di kawasan Prupuk, Jawa Tengah.(AR)