Kemendagri: Keppres Libur Pilkada 2018 Tunggu Tanda Tangan Presiden Jokowi

Ilustrasi Presiden Jokowi sedang menandatangani. foto: https://nusantara.news

INFONAWACITA.COM – Surat Keputusan Presiden (Keppres) yang diajukan Komisi Pemilihan Umum (KPU) soal libur saat pencoblosan Pilkada di tanggal 27 Juni nanti, sudah ada di meja Sekretariat Negara (Setneg). Hal ini diungkapkan Sekretariat Ditjen Otonomi Daerah Kementerkan Dalam Negeri (Kemendagri) Akmal M Piliang.

Akmal menjelaskan, yang mengetahui harus atau tidaknya libur pada Pilkada serentak 2018 nanti, tentunya domain KPU. Kemendagri, dalam hal ini, hanya sebagai jembatan antara KPU dan Setneg. “Jika dibutuhkan, kami sebagai pemerintah, akan membantu untuk meneruskan kepada Setneg,” ungkap Akmal ditemui di Gedung Kemendagri, Jakarta pada Sabtu (23/6/2018).

Saat ini, lanjut Akmal, pihaknya juga sedang berkoordinasi dengan KPU. Pihak KPU juga telah menyampaikan surat tersebut kepada Setneg.

“KPU juga sudah menyurati Sabtu lalu. Saya cek di Setneg juga posisi surat sudah ada, paling lambat seninlah (diumumkan-red),” lanjut Akmal.

Meski demikian, Akmal menambahkan, ia tidak bisa memastikan apakah surat tersebut akan diteken oleh Presiden Jokowi atau tidak. Hal tersebut, jelas Akmal, sepenuhnya merupakan hak Presiden Jokowi.

Ia mengungkapkan, surat libur yang diminta oleh KPU ialah libur nasional. Tapi kemudian, semua itu merupakan hak preogratif Presiden Jokowi.

“Tapi apakah yang ditetapkan itu akhirnya libur nasional atau (libur hanya di-red) 171 daerah, itu keputusan Presiden,” tandasnya. (DS/zh)