Kemen PUPR Kebut Perbaikan Jembatan Cisomang

foto: istimewa

INFONAWACITA.COM – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemen PUPR) tengah mengebut pengerjaan perbaikan jembatan Cisomang, pengerjaan ini demi memenuhi target 31 Maret jembatan Cisomang bisa digunakan sepenuhnya.

Hal ini diungkapkan Menteri PUPR Basuki Hadimulyono di Purwakarta, Jumat (13/1). “Alat berat sudah mulai bergerak demi percepatan perbaikan jembatan” katanya.

Setidaknya dana untuk perbaikan jembatan Cisomang kata Basuki menelan dana hingga Rp 70 Miliar

Basuki menjelaskan mulai Senin, (16/1) akan dimulai penanganan dengan konstruksi bore piles (tiang pancang), total tiang pancang yang dipasang berjumlah lebih kurang 50 buah.

Selain itu, antara pilar P2 dengan P3 juga akan diikat dengan kolom baja (strutting) sepanjang 30 meter. Serta pilar P1 dan P2 akan diberikan penguatan dengan pemasangan Fiber Reinforced Polymer (FRP).

Mengenai pergerakan tanah, Basuki mengatakan saat ini masih dalam kondisi aman dan terus dilakukan monitoring intensif dengan teknologi “Robotic Total Station” selama 24 jam, terutama pada musim hujan karena debit air dapat memberikan pengaruh pada pergeseran struktur jembatan. (ANT/HG)