Kejati DKI Jakarta: ‘Fitsa Hats’ di BAP Tidak Ada Kaitan dengan Unsur Pokok Perkara

clipop.com

INFONAWACITA.COM – Kepala Seksi Penerangan Hukum Kejaksaan Tinggi (Kejati) DKI Jakarta Waluyo, enggan mempermasalahkan jika Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok menyinggung ejaan isi Berita Acara Pemeriksaan (BAP) Novel Chaidir terkait ‘Fitsa Hats’. (baca: Ketika Habib Novel Mengganti Nama Pizza Hut Menjadi “Fitsa Hats” )

Menurut Waluyo, ejaan isi BAP yang ramai diperbincangkan publik tersebut merupakan sebuah materi dalam bentuk tulisan yang tidak akan mengurangi unsur pada pokok perkara kasus dugaan penodaan agama dengan terdakwa mantan Bupati Belitung Timur tersebut.

“Kalau mau ada laporan, ya silakan saja bagi yang merasa dirugikan. Tapi sebagai penuntut umum, ya tidak ada pengaruhnya, tidak ada kaitan dengan unsur, materi pokok perkara, kan gitu,” kata Waluyo, di Jakarta, Sabtu (7/1). (baca: ‘Fitsa Hats’ Acuan Mengukur Kejujuran Habib Novel Bamukmin )

Seperti diberitakan sebelumnya, Ahok sempat menyoroti saksi pelapor Novel Chaidir alias Habib Novel Bamukmin yang dianggapnya sengaja memplesetkan nama restoran cepat saji asal Amerika Serikat Pizza Hut menjadi ‘Fitsa Hats’ karena malu.

Menanggapi pernyataan Ahok, Habib Novel Bamukmin lantas melaporkan Ahok ke Polda Metro Jaya karena menganggap telah berbicara tanpa data dan menimbulkan kebencian.

“Karena itu timbul kebencian yang luar biasa. Berbicara tanpa data, yang bukan haknya dikomentari, akhirnya kena sekarang (dilaporkan),” kata Habib Novel, Kamis (5/1) lalu. (baca: Pengacara Ahok: Fitsa Hats Fakta Persidangan, Lucu Bila Dilaporkan )

Dalam laporannya dengan Nomor LP/55/I/2017/PMJ/Dit.Reskrimsus tanggal 5 Januari 2017, Ahok dilaporkan melakukan pencemaran nama baik dan melakukan fitnah melalui media elektronik. (GR/AK)