Kejar Target, Pembangunan MRT Jakarta Terus Digenjot

Direktur Utama PT MRT Jakarta William P Sabandar. (foto: Infonawacita.com/Desy Selviany)

INFONAWACITA.COM – Direktur Utama PT MRT Jakarta William P Sabandar memastikan jika 90 persen pengerjaan proyek MRT Jakarta akan dapat diselesaikan pada bulan Desember mendatang.

Saat ini kata Sabandar, MRT Jakarta tengah berkejaran dengan waktu untuk dapat mencapai target. Sementara itu konstruksi MRT Jakarta sudah mencapai 86,12 persen.

“Masih ada 1 bulan lagi, jadi sekarang kegiatan konstruksi dipacu benar, karena masih ada 4 persen lagi untuk mencapai angka 90. Jadi angka 90 persen itu harus sudah dicapai hingga Desember,” kata Sabandar dalam diskusi bersama Forum Jurnalis dan Blogger MRT Jakarta di Cikini, Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (28/11).

Dioperasikan Maret 2019

Saat ini pengerjaan gerbong-gerbong kereta pun sudah selesai. Rencananya, pada 18 Desember, gerbong-gerbong tersebut akan diujicobakan di Jepang. Baru nanti pada Maret 2019 kereta akan beroperasi secara komersial.

Direktur Konstruksi Silvia Halim menjelaskan jika 10 persen sisa pengerjaan proyek MRT akan dimulai pada awal 2018 hingga 2019. Lamanya waktu pengerjaan tidak lain karena selama setahun MRT Jakarta akan lebih banyak melakukan serangkaian kegiatan pemeriksaan, pengujian, dan percobaan.

“Karena pada saat terakhir kita akan banyak lakukan testing dan commissioning.┬áJadi sangat memakan waktu lama,” kata Silvia menjelaskan.

“100 persen selesai di Maret 2019,” imbuhnya.

Sabandar juga menambahkan bahwa perusahaannya akan tetap mengutamakan keselamatan baik dalam pengoperasian dan dalam pengkonstruksian.

“Kita tidak bisa demi kecepatan safety dinomorduakan,” ujarnya.

Rencananya MRT sendiri akan menjadi salah satu rangkaian transportasi yang dimiliki oleh Ibukota selain Transjakarta dan KRL. Estimasinya, pada ASEAN Games 2019, masyarakat sudah bisa menikmati transportasi yang akan terhubung di pusat-pusat perkotaan DKI Jakarta. (DS/yi)