Kebut Tol Trans Jawa, Jurus Pemerintah Cegah Insiden “Brexit”

foto: kompas.com

INFONAWACITA – Tak ingin kejadian macet puluhan kilometer terulang di gerbang tol Brebes Exit (Brexit), Jawa Tengah, pemerintah akan kebut pembangunan jalan tol Trans Jawa. Percepatan pembangunan jalan tol ini diperkirakan tuntas pada 2018.

Kementerian Pekerjaan Umum (PU) dan Perumahan Rakyat (PR) memprioritaskan pembangunan ruas jalan tol Pemalang-Batang dan Batang-Semarang. Ini sebagai bagian dari perintah Presiden Joko Widodo kepada Menteri Menteri PUPR Basuki Hadimuljono ketika menyikapi kemacetan puluhan kilometer pada musim mudik Lebaran 2016.

Basuki menuturkan, perkembangan pembangunan tol Trans Jawa saat ini bagus termasuk ruas jalan Pemalang-Batang juga Batang-Semarang yang sempat terkendala sudah diambil alih. Targetnya 2018. Sementara jalan tol Pemalang akan selesai sebelum mudik tahun depan.

Selain jalan tol, pemerintah juga akan fokus menyelesaikan pembangunan jalan lingkar utara Tegal-Brebes dan penanganan perlintasan sebidang jalan raya dengan rel kereta di Paguyangan di lintas Selatan. Kemudian pemerintah juga akan membuat jalan layang dan jalan bawah tanah atau jalan tembusan karena biayanya lebih murah. Targetnya sebelum Lebaran tahun depan sudah selesai. [TN]