Kebijakan Penenggelaman Kapal, Kepala Negara Angkat Bicara

Presiden Joko Widodo (kanan) berbincang dengan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti dalam sebuah kesempatan. (Foto: republika.co.id).

INFONAWACITA.COM – Permintaan khusus disampaikan Presiden Joko Widodo kepada Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP). Kepala Negara meminta agar KKP meningkatkan produksi industri perikanan.

“Sekarang konsentrasinya agar ke industri pengolahan ikan. Terutama yang mendorong untuk ekspor ikan, karena ekspornya kita turun,” kata Presiden seperti dikutip dari Antara pada Rabu (10/01).

Presiden kemudian menjelaskan, arahannya tersebut telah disampaikan kepada Menteri KKP, Susi Pudjiastuti. Menurut Presiden, dirinya mendukung seluruh upaya untuk meningkatkan produksi perikanan di Indonesia. Baik tangkap maupun budidaya.

Kebijakan Penenggelaman Kapal

Presiden juga mengatakan, setiap menteri dalam Kabinet Kerja memiliki kebijakan. Tujuannya untuk kebaikan bersama bagi bangsa. Presiden menambahkan, kebijakan penenggelaman kapal asing yang melakukan penangkapan ikan ilegal di perairan Indonesia, merupakan upaya penegakan hukum.

“Kita tidak main-main dengan ‘illegal fishing’, terhadap pencurian ikan tidak main main. Oleh sebab itu, yang paling seram ya ditengelamkan,” tegas Presiden.

Hal itu dilakukan untuk memberikan efek jera. Terutama bagi para pelanggar hukum di bidang perikanan tangkap.