KBRI Stockholm Peringatkan WNI

INFONAWACITA.COM – Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Stockholm mengeluarkan peringatan kepada para WNI yang berada di Stockholm dan Swedia untuk berhati-hati terhadap aksi teror dan menghindari pusat perkotaan, serta mewaspadai keadaan sekitar dan selalu memantau perkembangan, karena dikhawatirkan aksi serupa akan muncul kembali.

Hal itu disampaikan menyusul terjadi aksi teror di kawasan Drottninsggatan, Stockholm, di mana terdapat sebuah truk yang masuk ke kawasan pejalan kaki dan menabrak beberapa orang, pada Jumat, 07 April jam 13:52 waktu setempat, demikian Sekretaris pertama Ekonomi KBRI Stockholm Rahmawati Wulandari di London, Jumat (7/4).

Perdana Menteri Swedia, Stefan Lfven, yang pada saat kejadian sedang berada di selatan Swedia menyatakan kejadian ini merupakan aksi teror dan telah mengkonfirmasi juga bahwa sampai saat ini telah terdapat korban jiwa sebanyak tiga orang meninggal dan delapan orang terluka.

Tidak berapa lama kemudian, sekitar pukul 15.00 waktu setempat, terdapat serangan penembakan di kawasan Fridhemsplan, Stockholm, yang berlokasi tidak jauh dari tempat serangan pertama. Hingga saat laporan dibuat, belum ada laporan korban jiwa yang timbul dari serangan penembakan.

Disebutkan aparat penegak keamanan Swedia telah berhasil menangkap seorang yang dicurigai sebagai pelaku serangan. Sementara belum dapat diketahui secara pasti berapa banyak orang yang terlibat dalam kedua aksi tersebut.

KBRI Stockholm terus memantau apakah ada WNI yang menjadi korban dari kedua aksi serangan tersebut. Namun hingga saat laporan ini dibuat, belum dapat diperoleh informasi apapun mengenai data-data korban, baik dari pihak Kepolisian, Kementerian Luar Negeri Swedia dan Rumah Sakit setempat. (HG)