Kata 5 Tokoh Dunia Tentang Sosok Jokowi dan Gaya Kepemimpinannya

Presiden Joko Widodo (Foto: hrw.org)

INFONAWACITA.COM – Pada tanggal 20 Oktober mendatang genap tiga tahun Presiden Joko Widodo (Jokowi) bersama wakilnya, yaitu Jusuf Kalla memimpin negara ini.

Dalam tiga tahun sangat terasa perkembangan negara ini hasil dari kepemimpinan Jokowi. Dalam kemimpinannya, Jokowi tak lepas pula dari isu-isu miring hingga fitnah. Tekanan di dalam negeri memang sangat kuat, apalagi di era digital saat ini di mana kran keterbukaan menyampaikan pendapat seperti tak terkontrol. Namun di sisi lain, di luar negeri tak sedikit tokoh dunia yang memuji sosok dan cara Jokowi memimpin Negara ini.

Berikut lima tokoh dunia dan pendapat mereka tentang sosok Jokowi, seperti dikutip dari berbagai sumber:

Obama Sebut Jokowi Sosok Tenang dan Berintegritas:
Hal ini secara lantang disampaikan mantan Presiden Amerika Serikat (AS) Barack Obama di Kongres Diaspora Indonesia, di Jakarta, 1 Juli 2017 lalu. “Sejak kami bekerja bersama, saya selalu melihat pribadi yang tenang, penuh integritas, seseorang dengan disiplin yang tinggi,” ujar Obama, seperti dikutip dari Kompas.com.

Mantan Presiden AS Barack Obama dalam kunjungannya ke Indonesia beberapa waktu lalu tampak santai berbincang dengan Presiden Jokowi (Foto: kompas.com)

Kata-kata Obama tersebut mendapat sambutan meriah dari para hadirin yang sebagian besar adalah diaspora. Para hadirin bertepuk tangan saat Obama mengutarakan pendapatnya mengenai orang nomor satu di Indonesia itu. Obama juga memuji kepemimpinan Jokowi selama lebih kurang tiga tahun terakhir. Obama memuji pembangunan ekonomi, infrastruktur, dan sumber daya manusia yang dilakukan Jokowi.

PM Selandia Baru John Key Sebut Kepimpinan Jokowi Terasa Hingga Lingkup ASEAN: Perdana Menteri Selandia Baru John Key dalam kunjungannya ke Indonesia Juli tahun lalu melontarkan pujian terhadap sosok Jokowi. Ia menyebut, kepemimpinan Jokowi tidak hanya terasa di Indonesia, tetapi juga terasa di Asia Tenggara. “Kepemimpinan Presiden Jokowi tidak hanya ditunjukkan di Indonesia, tetapi juga di ASEAN,” ujar Key.

PM Selandia Baru Jhon Key dalam kunjungan kenegaraannya ke Indonesia beberapa waktu lalu. (Foto: Setkab.go.id)

Key juga menyebut, suara Indonesia demikian lantang di Asia Tenggara. Hal itu lantaran sosok Jokowi yang terbilang muda, tetapi tetap mampu mewujudkan percepatan ekonomi Tanah Air.

Presiden Bank Dunia Jim Yong Kim Sebut Kepemimpinan Jokowi Sangat Bagus:
Presiden Bank Dunia Jim Yong Kim sempat melontarkan pujian terhadap gaya kepemimpinan Presiden Jokowi yang dinilai sangat bagus. Kim memuji berbagai kemajuan yang dicapai Indonesia di bawah kepemimpinan Jokowi, antara lain di bidang infrastruktur.

Presiden Bank Dunia Jim Yong Kim saat diterima Presiden Jokowi di Istana Merdeka beberapa waktu lalu. (Foto: kompas.com)

Hal itu disampaikan Kim saat bertemu Presiden Jokowi di Istana Merdeka, Jakarta, 26 Juli lalu. “Pak Kim melihat Indonesia dapat menjadi model bagi negara lain, karena kepemimpinan Presiden Jokowi sangat bagus,” kata Menko Maritim Luhut Binsar Panjaitan saat memberikan keterangan pers di Kantor Kepresidenan, Jakarta, Rabu (26/7), dilansir dari investor daily.

Presiden Prancis Francoise Hollande Puji Cara Jokowi handle Persoalan Terorisme: Dalam pertemuan KTT G7 tahun lalu, Presiden Jokowi sempat melakukan pertemuan bilateral dengan Presiden Prancis Francoise Hollande. Sejumlah isu bilateral disampaikan dalam pertemuan tersebut.

Presiden Prancis Francoise Hollande dalam kunjungan kenegaraannya ke Indonesia beberapa waktu lalu. (Foto: setkab.go.id)

Dalam pertemuan itu, salah satu yang disepakati adalah peningkatan kerja sama melawan terorisme. Masalah tersebut merupakan persoalan yang terus dihadapi Prancis dan RI. Kesempatan itu digunakan Hollande untuk memuji Jokowi terkait caranya menangani persoalan terorisme. “Kami sangat mengapresiasi pendekatan Presiden Jokowi yang mengedepankan pendekatan komprehensif berupa softpower dan hardpower,” kata Hollande.

Bos Facebook Mark Zuckerberg Puji Blusukan Ala Jokowi: Pendiri jejaring sosial Facebook, Mark Zuckerberg, menilai, Presiden Jokowi memiliki perspektif luar biasa mengenai aktivitas media sosial. Zuckerberg melihat betapa besarnya pengaruh Jokowi untuk menggerakkan kampanye pemilihan Presiden melalui jejaring sosial, termasuk Facebook, untuk berkomunikasi langsung dengan masyarakat Indonesia.

Presiden Jokowi dan Bos Facebook Mark Zuckerberg sempat blusukan bersama di Tanah Abang beberapa waktu lalu.(Foto: koleksiatk.com)

“Dia menggerakkan kampanye pemilihan presidennya melalui Facebook dan internet untuk berkomunikasi dengan 250 juta warga Indonesia,” tulis Zuckerberg dalam laman Facebook-nya, pada 2014 lalu.

Zuckerberg menyatakan, kunjungannya ke Indonesia untuk melakukan pertemuan dengan pengembang, rekanan, dan pimpinan pemerintah mengenai Internet.org. Salah satu yang ia temui adalah Jokowi. Zuckerberg mengatakan, mereka lantas berdiskusi mengenai keuntungan dan tantangan mengenai cara menghubungkan masyarakat Indonesia.

Dalam laman Facebook-nya, Zuckerberg bercerita bahwa ia sempat mengikuti Jokowi blusukan di Pasar Tanah Abang. Menurut Zuckerberg, blusukan merupakan cara yang mengagumkan untuk berhubungan langsung dengan rakyat.

“Dia (Jokowi) baru saja meluncurkan ‘e-blusukan’, jadi dia bisa berhubungan dengan seluruh warga Indonesia secara online seperti melintasi Nusantara,” kata Zuckerberg.(AR)