Kasus Form C-6, KPU DKI Jakarta Terpaksa Gelar PSU di 2 TPS

Komisioner KPU DKI Jakarta, Betty Epsilon. (rumah pemilu.org)

INFONAWACITA.COM – Komisi Pemilihan Umum (KPU) DKI Jakarta akan menggelar pemungutan suara ulang (PSU) di dua tempat pemungutan suara (TPS), Sabtu (22/4) besok.

Komisioner KPU DKI Jakarta Betty Epsilon mengatakan PSU akan digelar di TPS 01 Gambir, Jakarta Pusat dan TPS 19 Pondok Kelapa, Jakarta Timur. “PSU disebabkan di dua daerah itu ada kasus penggunaan formulir C-6 milik orang lain,” kata Betty di Jakarta, Jumat (21/4).

(Baca: Tim Badja Temukan Kecurangan Saat Pemungutan Suara )

Menurut Betty, PSU dilakukan untuk menindaklanjuti rekomendasi Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) DKI Jakarta dan Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kota Jakarta Timur.

“Pelaksanaan PSU berdasarkan Peraturan KPU Nomor 10 Tahun 2015 tentang Pilkada. Pada Pasal 59 ayat (2) disebut bahwa PSU dilaksanakan apabila ada lebih dari satu orang pemilih yang tidak terdaftar namun memberikan suara di TPS,” kata Betty.

(Baca: PDI Perjuangan Desak Bawaslu dan Polri Ungkap Kecurangan Sistematis Terhadap Basuki-Djarot )

Rencananya, kata Betty, 661 pemilih di TPS 01 Gambir dan 516 pemilih di TPS 19 Pondok Kelapa akan melakukan PSU mulai pukul 07.00 hingga 13.00 WIB dan dilanjutkan dengan penghitungan suara.

Hasil perhitungan cepat sejumlah lembaga survei Rabu (19/4) lalu, memenangkan pasangan Anies-Sandiaga yang meraih suara 58 persen. Sementara pasangan petahana Basuki-Djarot hanya meraih suara 42 persen. (AK/ANT)